RSS Feed     Twitter     Facebook

Registrasi-So what next? (RE 004b)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Registrasi-So what next? (RE 004b)

(satu dari 3 topik diskusi di JVR Jogja 29/11/17)

Diawali dengan hingar bingar, akhirnya regitrasi nomor HP berjalan juga. Tanpa disadari ada perubahan mendasar dari platform pertelekomunikasian di tanah air.

 

Jumlah prabayar sekitar 90% dari total 350 juta “pelanggan” cellular, dulu statusnya adalah pemakai, kini naik kelas menjadi pelanggan. Dulu, abai dengan perusahaan operator, tidak suka ya buang, ganti yang lain. Kini, eit nanti dulu, data kita terekam di kantor operator. Tidak lagi bisa habis pakai buang.

 

Tapi dengan status pelanggan-pun, tentunya kita memiliki hak, setidaknya hak untuk komplain bila pelayanan buruk. Boleh dikata ini perubahan “shift of title”, pelanggan menjadi bagian dari operator. Pelanggan bukan lagi sebatas pembeli lewat, ‘suka silahkan ambil, tidak suka silahkan buang”.

 

Pasti terjadi perubahan menyeluruh atas industri ini, apakah operator siap? Pelanggan pra-bayar kini sejajar dengan pelanggan pasca-bayar, mereka mayoritas di daftar operator. Kios2 pulsa akan berubah. Etalase mereka tidak lagi dipenuhi jejeran nomor kartu baru, mereka akan disibukan oleh isi ulang.

 

Isi ulang tentu lebih sederhana dan tidak perlu rangkaian perantara untuk mencapai pelanggan. Pelanggan bisa langsung ke data-base operator, seperti halnya kartu pra-bayar listrik, tidak akan pernah ada kios2 isi ulang pulsa listrik, cukup nebeng ke retailer yang sudah ada. Makin simple. (Sadhono Hadi; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*