Selingan

Arab Saudi siapkan 875T untuk industry Hiburan

(news.detik.com)-Arab Saudi mengumumkan dana puluhan miliar dolar untuk mengembangkan sektor hiburan, yang beberapa waktu lalu tak terbayangkan terjadi. Di bawah kepemimpinan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, kerajaan yang ultrakonservatif ini mereformasi sosial dan ekonomi.

 

Dalam konferensi pers di Riyadh (22/02), Kepala Otoritas Hiburan Umum, Ahmad bin Aqeel al-Khatib, menjelaskan ke wartawan investasi US$ 64M (Rp 875T) untuk hiburan satu dekade mendatang. “Kami sudah bangun prasarana” kata Khatib. Peresmian pembangunan gedung pertunjukan sudah dilakukan.

 

“Insya Allah, Anda akan lihat perubahan tahun 2020.” Sekitar 5.000 pertunjukan direncanakan untuk tahun2 mendatang, sementara di latar belakang sebuah layar lebar memperlihatkan nama2 terkenal di panggung hiburan internasional, seperti Maroon 5, Andrea Bocelli, dan Cirque du Soleil.

 

Taak ada rincian alokasi dana ratusan triliun itu dan tanggal pertunjukan dari nama2 yang dipajang saat konferensi pers. Beberapa waktu belakangan, ada acara2 di Arab Saudi : Festival Comic Con dan perayaan hari nasional yang bisa dihadiri pria-wanita dengan orang2 yang menari di jalanan, yang pertama kali terjadi di negara kerajaan itu, seperti dilaporkan AFP.

 

Pertengahan Januari-2018, perempuan Arab Saudi diijinkan menyaksikan pertandingan bola di stadion, walau dalam tahap awal dibatasi di 3 kota : Riyadh, Jeddah, dan Dammam. Bulan Juni-2018, perempuan Arab Saudi diizinkan mengemudi dan sudah diumumkan pencabutan larangan bioskop umum, dengan perkiraan 300 bioskop beroperasi (2030).

 

Langkah keterbukaan ini didorong oleh Pangeran Mohammed bin Salman sebagai bagian dari yang dicanangkan sebagai ‘Vision 2030’, bertujuan diversifikasi ekonomi Arab Saudi sebagai tanggapan atas harga minyak dunia yang merosot.

 

Sektor hiburan kini dilihat potensi ekonomi, mengingat banyak warga Arab Saudi yang ke Dubai dan Bahrain -yang mudah bisa dicapai dengan menyetir- untuk menonton film dan menikmati taman hiburan. (nvc/nvc;  BBC Magazine; Bahan dari : https://news.detik.com/bbc-world/d-3881395/arab-saudi-siapkan-rp-875-triliun-untuk-kembangkan-http://detik.id/6OCXU2)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close