Iptek dan Lingk. Hidup

Jika Mobil terendam Banjir

(otomotif.kompas.com)-Hujan masih mengguyur  wilayah2di Indonesia. Sejumlah daerah ada yang  terendam banjir, mulai dari rumah hingga kendaraan bermotor ikut terendam. Nah, jika mobil atau sepeda motor sudah terendam banjir, disarankan jangan langsung menyalakan mesin.

 

Sebaiknya, panggil bengkel minta diderek untuk meminimalkan kerusakan. Menurut M. Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), mobil yang terendam banjir itu mengalami masalah electronic control unit (ECU) bila langsung menyalakan mesin sehingga bisa mengakibatkan kerusakan cukup serius.

 

” Kecuali, lanjut Zuhdi, hanya melewati genangan dan tidak sampai terendam banjir, itu tidak masalah. Harus hati2 meski tidak berisiko tinggi. “Ada caranya juga menerjang banjir seperti itu, yakni selalu gunakan gigi satu atau dua agar air tidak masuk melalui saluran knalpot,” kata dia.

(Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul “Lakukan Ini jika Mobil Terendam Banjir”, Penulis : Aditya Maulana; Editor : Agung Kurniawan ; https://otomotif.kompas.com/read/2018/02/27/140200815/lakukan-ini-jika-mobil-terendam-banjir)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close