Wisata dan Kuliner

Gunung Rinjani ditetapkan UNESCO jadi Geopark dunia

(beritasatu.com)-Mataram; Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB ditetapkan jadi geopark dunia pada sidang Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa2 (Unesco).

 

“Alhamdulillah baru saya dapat kabar pada sidang Unesco Executive Board, (12/4) di Paris, telah menetapkan Geopark Rinjani sebagai anggota baru Unesco Global Geopark,” kata GM Geopark Rinjani Chairul Mahsul saat dihubungi melalui telepon.

 

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemprop NTB ini berterima kasih ke seluruh pihak yang membantu pencapaian status Gobal Geopark ini. “Selamat dan terima kasih kepada semua sahabat Rinjani yang telah membantu pencapaian status Gobal Geopark tersebut bisa tercapai,” tandasnya.

 

Gunung Rinjani, masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Kawasan ini mencakup empat wilayah di Pulau Lombok, mulai dari Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur.

 

Salah satu pesona unggulan TNGR, adalah Danau Segara Anak yang berada pada ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut. Danau Segara Anak berada di sebagian Gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut.

 

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga ikutan gembira. Menurut Menpar, semakin banyak pengakuan dunia yang mampir ke Indonesia, semakin menaikkan pamor Indonesia. Penetapan ini juga akan meningkatkan kujungan wisatawan ke NTB. Imbasnya tentu peningkatan ekonomi NTB.

 

Tiongkok menurutnya berhasil mengembangkan Yuntaishan Geopark semula tahun 2000 dikunjungi 200.000 wisatawan, meningkat menjadi 1,25 juta wisatawan dengan perolehan devisa sebesar US$ 90 juta pada 2004, setelah dua tahun bergabung dengan GGN UNESCO.

 

“Begitu pula Jeju Island Geopark di Korea Selatan tahun 2011 dikunjungi 7 juta wisatawan. Saya yakin Kawasan Gunung Rinjani bakal makin nge-hits lagi” kata Menpar Arief. (YUD; Bahan dari :  ANTARA dan http://www.beritasatu.com/geo/488125-unesco-tetapkan-gunung-rinjani-jadi-geopark-dunia.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close