RSS Feed     Twitter     Facebook

Unik-Masjid berbentuk seperti Perahu di Gresik

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 16 views    Font size:
Unik-Masjid berbentuk seperti Perahu di Gresik

(news.detik.com)-GRESIK; Ada sebuah masjid unik di Gresik. Unik karena bentuknya tak biasa. Masjid ini menyerupai atau berbentuk seperti perahu. Apa alasan dibalik pembangunan masjid perahu ini?

Masjid ini bernama Masjid Abdul Hamid Al Faqih. Warga menyebutnya masjid perahu karena bentuknya secara fisik seperti perahu. Masjid ini terletak di Dusun Mulyosari, Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah. Lokasi ini berjarak sekitar 33 km dari Kota Gresik.

“Ada alasan mengapa masjid ini dibangun membentuk seperti sebuah perahu,” ujar panitia pembangunan masjid, Ahmad Niam Karim, Senin (3/9/2018).

 

Ide pembangunan masjid berasal dari KH Mahsun Mashudi, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ihsan dan Nurul Ihsan. Dia membangun masjid ini berdasar perjuangan KH Abdul Hamid Al Faqih Maskumambang saat berdakwah di Gresik. Tentang bentuk masjid seperti kapal adalah ide dari H Muhammad Sakhr Abdul Hamid.

“Masjid ini berbentuk perahu untuk mengingatkan perjuangan beliau (KH Abdul Hamid Al Faqih Maskumambang) saat berdakwah menggunakan transportasi utama perahu dari Lamongan-Gresik-Surabaya menyusuri dan menyeberangi Bengawan Solo,” kata Niam.

Masjid perahu ini berdiri di atas tanah wakaf seluas 58×38 m2. Pembangunan masjid ini cukup singkat, hanya 8 bulan dengan peletakan batu pertama pada 5/1/2018.

“Dana barasal dari para donatur,” lanjut Niam.

Masjid ini berukuran fisik 27×13 mt. Dilihat dari kejauhan, masjid ini berbentuk seperti perahu dengan haluan di depan dan buritan di belakang. Jendela pada masjid juga dibentuk seperti jendela pada perahu yakni berbentuk bundar. “Masjid ini punya 2 lantai dengan daya tampung sekitar 250 orang,” jelas Niam.

Dia harap masjid ini jadi besar dalam arti tidak pernah sepi dari jemaah yang beribadah di dalamnya. Juga diharap masjid ini jadi salah satu wisata religi sebagai pelengkap wisata alam Pantai Delegan dan Mangrove Ujungpangkah yang tak jauh dari masjid perahu. (iwd; fat; Imam Wahyudiyanta; Bahan dari : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4194507/unik-masjid-di-gresik-ini-berbentuk-seperti-perahu)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code