Cermin bisnis Anggota

Aku cinta produk Pepeng-Kadatuan Coffie

Anda pecinta kopi danpenasaran kopi instan.Cobalah monggo mampir ke Jl.Riau no.50  ngopi rasa dan manfaatnya insha Allah  beda Bismillah “Kadatuan Coffie” (Endang Sariningsih Bahan dari : )-FR

 

Yuk kita kenali penghasil kopi di Indonesia

(lintaskopi.com)-Minuman kopi banyak disukai diseluruh dunia. Kopi punya rasa ber-beda2 di tiap daerah dengan ragam citarasa unik dari tiap jenis kopi. Pecinta kopi serta barista pencipta rasa kopi lebih nikmat ini mengenal banyak kopi dari mancanegara,khususnya Indonesia.

 

Kopi yang banyak ditemukan di Indonesia ini adalah kopi terbaik di dunia yang memiliki citarasa tiada bandingannya. Ada daerah2 penghasil kopi di Indonesia yang terkenal di mancanegara karena rasa kopinya unik dan berbeda dari kopi pada umumnya.

 

1-Arabika Bajawa

Daerah penghasil kopi terkenal di Indonesia yang pertama Kopi Bajawa. Jenis kopi arabika ini asal dari dataran tinggi Ngada, Flores. Kopi berkadar asam tinggi ini bercita rasa beda dari kopi arabika lain. Kopi bajawa ini salah satu idola yang memberi kenikmatan unik dan menawan.

 

Dari beberapa sumber mengatakan kopi jenis arabika ini dibudidayakan oleh penduduk Ngada yang turun temurun diwariskan sebagai salah satu sumber penghasilan mereka. Jenis kopi ini ditanam murni dan tidak menggunakan pestisida.

 

2-Kopi Toraja

Daerah penghasil kopi lainnya kopi Toraja. Kopi ini terkenal sampai ke mancanegara bahkan ke negeri sakura ini jadi ikon penting di Indonesia. Orang membuat paket tour jalan2 ke perkebunan kopi di Toraja agar anak cucu mereka mengenal budaya Indonesia dan ber-macam2 produk Indonesia yaitu kopi.

 

Bagi orang Jepang, kopi itu minuman yang memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan tubuh. Kopi Toraja tidak kalah dengan kopi Arabika Bajawa yang sudah terkenal di seluruh dunia.

 

3-Kopi Arabika Gayo

Jenis kopi arabika lainnya Kopi Arabika Gayo. Kopi ini asal Aceh ini kopi yang ternikmat. Lahan produksi di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah ini lahan produksi terbesar se-Asia. Jadi tidak diragukan lagi kopi jenis ini terkenal di dunia. Daerah penghasil kopi di Aceh ini patut dibanggakan.

 

4-Robusta Sidikalang

Robusta Sidikalang penghasil kopi yang sebagian besar menguasai industry kopi 30% diseluruh dunia. Daerah Sumut yang menghasilkan kopi ini memiliki kontur tanah yang baik untuk menanam kopi, sehingga kopi yang tumbuh di area ini kualitas terbaik. Kopi ini berasa enak sehingga jadi salah satu kopi yang terkenal di mancanegara.

 

Rasa kopi Sidikalang ini manis yang hampir mirip rasa coklat, serta warna yang bervariasi sesuai proses pengolahannya masing2. Tidak hanya itu saja, tekstur dari kopi ini lebih kasar yang berasal dari arabika.

 

5-Kopi Lampung

Kopi robusta ber-aroma kopi paling khas berasal dari Lampung yang merupakan daerah penghasil kopi di Indonesia yang masuk daerah kebun kopi. Hampir semua kebun di Lampung itu kawasan perkebunan kopi. Hal ini karena Lampung itu dataran tinggi yang cocok digunakan sebagai perkebunan kopi.

 

Kopi robusta ini ditanam diatas permukaan air laut yang hasil kopinya memiliki tekstur kasar dan juga mengandung kafein tinggi. Banyak penikmat kopi yang jarang mengkonsumsi kopi robusta ini tetapi kopi ini terkenal di luar Indonesia.

 

6-Kopi Garut

Di Jabar salah satu daerah penghasil kopi terkenal di dunia yaitu Garut. Kopi jenis Arabica ini disebut-kopi bermutu internasional yang di ekspor ke negara Australia. Kopi jenis ini ditanam di perkebunan tatar Sunda yang bersensasi mild.

 

Kopi yang ditanam di ketinggian 1000 mdpl ini berpotensi sebagai kopi yang bisa merajai dunia karena sistem pengolahannya memenuhi syarat standar internasional. Kopi jenis ini jadi salah satu kopi favorit di daerahnya dan juga di negara asalnya yaitu Indonesia.

 

7-Kopi Banaran Ambarawa

Di Jateng ada kopi terkenal yaitu kopi Banaran. Kopi ini dihasilkan perkebunan di Banaran, Ambarawa. Perkebunan kopi yang dijadikan tempat wisata ini berkarakteristik tak jauh beda dengan kopI lain. Uniknya, kopi jenis robusta dan arabika ini ditanam bersamaan ditanah Banaran yang cocok untuk perkebunan kopi. Walau dijadikan tempat wisata, tapi kopi banaran ini juga terkenal di luar negeri.

 

8-Kopi Wamena

Daerah penghasil kopi lainnya Wamena. Daerah di Lembah Baliem Papua dan Dataran tinggi Jayawijaya ini penghasil biji kopi. Kedua daerah ini menghasilkan kopi bermutu tinggi yang berjenis kopi robusta. Daerah di ketinggian 1600 mdpl cocok dengan tanaman kopi yang banyak tumbuh subur tanpa pupuk kimia. Pasalnya kopi wamena ini organic rendah asam dan aman diminum siapa saja.

 

9-Kopi Bangli, Kintamani

Daerah pemasok kopi terkenal lain : Daerah Kintamani, Kab-Bangli. Salah satu daerah penghasil kopi ini tidak banyak yang tahu, kopi kintamani ini sudah diekspor ke AS sejak (1825). Kopi jenis ini sedkit yang tahu karena harga jualnya mahal.

 

Banyak  daerah penghasil kopi yang patut dilestarikan, agar kekayaan alam hidup dan bertahan. Jadi cobalah salah satunya Coffee Kedatuan. (Bahan dari : http://www.lintaskopi.com/daerah-penghasil-kopi-di-indonesia-yang-terkenal-di-seluruh-dunia/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close