Iptek dan Lingk. Hidup

Robot penyiar mulai dipekerjakan untuk sajikan berita

(autotekno.sindonews.com)-BEIJING; Robot Penyiar berita dengan kecerdasan buatan (AI) pertama di dunia mulai debut “nya” pada Konferensi Internet Dunia ke-5 yang berlangsung di Provinsi Zhejiang China timur.

Seperti ditilik pada salauran Youtube, Robot pembaca berita ini bekerja berdasar teknologi AI terbaru, memiliki sosok layaknya laki2 bersuara, ekspresi wajah dan tindakan orang nyata. “Dia” belajar dari video siaran langsung dan oleh dirinya dipelajari dan lalu dipraktikan dan dapat membaca teks secara alami sebagai pembaca berita profesional.

Penyiar berita AI dikembangkan oleh kantor media Xinhua News Agency, outlet media resmi yang dikelola pemerintah China, dan perusahaan mesin pencari China Sogou.com. Menurut Xinhua, “dia” telah jadi anggota tim pelapor dan dapat bekerja 24 jam sehari di situs web resminya dan berbagai platform media sosial, mengurangi biaya produksi berita dan meningkatkan efisiensi.

 

Sebelumnya, sebuah perusahaan di Jepang sedang mengembangkan sebuah robot yang disiapkan untuk menjadi pembawa berita (news anchor). Direktur Intelligent Robotics Laboratory di Osaka University, Hiroshi Ishiguro, memperkenalkan robot ciptaannya, Erica.

Robot ini dirancang mirip dengan manusia karena memiliki perasaan dan dibekali “ jiwa” oleh Ishiguro sehingga akan memiliki kesadaran sendiri. Lalu, apa tugas Erica?
Robot yang berparas mirip wanita 23 tahun, akan jadi pembawa berita di salah satu televisi di Jepang. Layaknya news anchor, Erica akan membacakan naskah berita.

Awalnya, Ishiguro merancang Erica untuk jadi seorang resepsionis. Tapi, dia urung. “ Kami akan menggantikan pembawa berita dengan robot,” kata dia. (wbs; Wahyu Budi Santoso; Bahan dari : https://autotekno.sindonews.com/read/1356722/124/media-china-mulai-pekerjakan-robot-penyiar-untuk-sajikan-berita-1542877012)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close