RSS Feed     Twitter     Facebook

Ngabuburit Sambil Beribadah Di Masjid Bambu Cirebon

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 6 views    Font size:
Ngabuburit Sambil Beribadah Di Masjid Bambu Cirebon

(jabar.idntimes.com)-CIREBON; Umumnya, bangunan terbuat dari bahan baku semen (beton) atau kayu. Namun, berbeda dengan bangunan di Kota Cirebon, Jawa Barat ini.

 

Salah satu masjid di Cirebon ini terbuat dari bambu dengan atap ijuk. Bangunan masjid ini unik karena satu2nya tempat ibadah umat muslim yang terbuat dari bambu. Bagaimana bentuk bangunan masjid yang terbuat dari bambu, berikut liputannya.

 

1-Cirebon Merupakan cuaca tropis

Bangunan masjid bernama Ash Shamad ini terbuat dari Bambu. Lokasinya di Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jabar.

 

Pemilihan bahan baku bangunan dari bambu itu karenakan Cirebon bersuhu udara panas berada di iklim tropis. Dengan pakai bambu maka suhu udara Kota Cirebon yang terkenal panas akan terserap sehingga suhu udara di dalam masjid akan terasa sejuk.

 

2-Jadi satu satunya di Kota Cirebon

Bangunan masjid dengan bambu ini menjadi satu2nya di Kota Cirebon, khususnya di Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan. Masjid ini seakan menjadi oase di tengah Cirebon yang panas. Menurut Dewan Penasehat Masjid Ash Shamad, Watid, dipilihnya konsep bangunan masjid bambu ini agar jamaah yang melaksanakan ibadah merasa sejuk.

 

Sebab, selain menggunakan bambu, konsep bangunan masjid ini juga terbuka sehingga banyak udara yang masuk. “Cirebon merupakan cuara tropis dan berdekatan dengan pesisir pantai. Sehingga, suhu udaranya cukup panas. Jadi, masjid bambu ini bisa menjadi penyejuk,” kata Watid.

 

Selain bangunan bambu dan dipadukan dengan bebatuan, ornamen pada bagian dalam masjid juga dihiasi kerang2 dan lampu. “Jadi, akan terlihat atau terkesan mewah di dalam masjid seperti bangunan kuno pada umumnya,” ujar dia.

 

3-Selalu ramai dikunjungi jamaah

Masjid dengan bambu itu dibangun pada 2015. Berdiri diatas lahas 370 m2, Masjid Ash Shamad selalu ramai dikunjungi jamaah.

Terutama di saat Ramadan, ratusan jamaah banyak hadir ke masjid ini. Masjid ini menyuguhkan kesan alami karena perpaduan bambu dengan ornamen2 bebatuan membuat suasana masjid nyaman.

 

4-Jadi lokasi ngabuburit masyarakat

Pada Ramadan, masjid ini ramai dikunjungi jamaah, juga jadi lokasi ngabuburit warga yang menunggu berbuka. Sebagian warga menghabiskan waktu mereka di dalam masjid sambil bertadarus alquran menunggu waktu berbuka puasa. (Rehan;  Bahan dari : https://jabar.idntimes.com/news/jabar/rehan-1/unik-ngabuburit-sambil-beribadah-di-masjid-bambu-kota-cirebon)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code