Selingan

Cara Hilangkan Jamur Pada Pakaian Pakai Bahan Alami

(merdeka.com)- Bagaimana menghilangkan jamur pada pakaian yang mudah? Baju yang disimpan di tempat kelembapan tinggi bisa ternoda jamur. Begitu juga noda yang tak segera dibersihkan. Bisa menyebabkan bercak jamur bermunculan di kain.

 

Bagaimana enghilangkan jamur pada pakaian? Gunakan saja bahan-bahan alami berikut untuk mengatasinya.

 

1-Cuka putih

Cara menghilangkan jamur pada pakaian yang pertama bisa pakai cuka putih. Cuka ini efektif membasmi bintikk pada baju berjamur. Selain itu, cuka putih aman digunakan untuksegala jenis pakaian.

 

Caranya campurkan sedikit cuka dan air dingin dengan takaran sebanding, usapkan larutan ke bintik jamur dengan kain atau sikat gigi bekas bersih. Diamkan, uci dengan air bersuhu tertinggi.

 

Kita juga bisa rendam baju semalaman di larutan cuka dan air (segelas cuka untuk seember air) jika jamur menyebar luas, lalu mencucinya seperti biasa. Kita harus perhatikan hindari mencampur cuka putih dan pemutih cucian karena bisa menghasilkan gas beracun.

 

2-Jeruk nipis dan garam

Cara hilangkan jamur pada pakaian tanpa pemutih lainnya gunakan jeruk nipis dan garam. Kombinasi dua bahan ini dijamin aman dan tidak merusak serat kain. Kita bisa ikuti langkah ini menerapkannya. Peras air jeruk nipis dan gunakan airnya saja. Campurkan 1-2 sendok makan garam ke air perasan jeruk nipis. Dan larutkan campuran ini ke dalam air hangat.

 

Rendam pakaian ternoda, ke larutan air jeruk nipis-garam. Setelah 30 menit, angkat pakaian dan cek nodanya ada atau hilang. Kalau noda jamur masih ada, tuangkan deterjen cair ke bagian ternoda jamur dan gosok dengan sikat gigi bekas. Lanjut ke proses mencuci agar nodanya hilang sempurna. Untuk membersihkan noda jamur, jeruk nipis dan garam juga bisa  menghilangkan noda lem di baju.

 

3-Baking soda

Penggunaan baking soda untuk menghilangkan jamur pada pakaian tak perlu dipertanyakan lagi. Baking soda jadi salah satu solusi tepat dalam mencuci pakaian dengan noda membandel.

 

Buat pasta baking soda lebih dahulu dengan mencampur air dan baking soda secukupnya. Oleskan pasta baking soda ini ke bagian ternoda jamur. Diamkan 15 menit, lalu gosok pakai sikat berbulu halus atau sikat gigi bekas. Terakhir, bilas pakaian dengan air bersih.

 

4-Air panas

Pakai air panas juga menghilangkan jamur. Cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan air panas ini efektif dan mudah diterapkan. Cucilah kain dalam air panas segera untuk menyelamatkan pakaian. Ini dapat menghilangkan jamur lebih efisien dan cepat daripada pakai air dingin. Ini membantu menghilangkan alergen dan spora jamur. Pastikan airnya tak terlalu panas sehingga tidak merusak kain.

 

5-Boraks

Boraks, mineral ampuh melawan jamur dan bisa dibeli berbentuk bubuk. Sebagian detergen juga mengandung boraks. Ikuti petunjuk pemakaian boraks bubuk di kemasannya. Umumnya, serbuk perlu dicampur air untuk membuat pasta.

 

Oleskan campuran ini pada noda jamur dengan sikat gigi bekas. Diamkan beberapa jam, cuci di mesin cuci. Kita juga bisa tambahkan campuran air dan boraks langsung ke laci mesin cuci jika mencuci beberapa baju berjamur secara bersamaan.

 

Setelah dicuci, jemur pakaian di bawah sinar matahari yang turut membantu membasmi jamur. Pada musim hujan, gantung dan anginkan pakaian di ruangan dengan sirkulasi udara lancar. Alternatifnya, gunakan mesin pengering cucian jika mungkin.

 

Tapi, Anda harus hati-hati menggunakan produk ini. Jauhkan boraks dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan untuk menghindari risiko keracunan.

 

(Reporter : Husnul AbdiTantri Setyorini; tsr; Liputan6.com dan Bahan dari : https://www.merdeka.com/gaya/5-cara-menghilangkan-jamur-pada-pakaian-menggunakan-bahan-bahan-alami.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close