Iptek dan Lingk. Hidup

Lima Tokoh Konservasi Dunia Yang Sebaiknya Kita Ketahui(1/5)

(mongabay.co.id)- Gerakan konservasi bukan hal baru di dunia. Ratusan tahun, banyak orang telah menganjurkan dan melakukan pelestarian dan perlindungan alam.

 

Beberapa aktivis mengedukasi publik tentang konsekuensi dari deforestasi. Aktivis lain mengemukakan tentang dampak eksploitasi sumber daya alam demi keuntungan ekonomi semata dan mendorong pengembangan taman nasional.

 

Sementara ada aktivis yang mengungkapkan bahaya pestisida kimia pada hewan. Seberapa baik kita mengetahui tokoh aktivis lingkungan yang paling berpengaruh dalam sejarah?

 

Berikut lima tokoh yang paling penting dalam sejarah konservasi, seperti dikutip dari treehuugger.com, yang aktivitasnya terentang dari abad ke-17 sampai abad ke-20 di Inggris, India sampai ke Amerika,

 

1-John Evelyn (1620-1706)

John merupakan warga negara Inggris yang bertugas di komisi dan dewan kerajaan bawah Raja Charles II. Penggemar berkebun ini merancang taman pertamanya di usia (22).

 

Selama hidupnya, ia menulis sekitar 30 buku, termasuk salah satu buku paling berpengaruh tentang kehutanan: Sylva, atau Wacana dari Hutan dan Propagasi Kayu (Sylva or a Discourse of Forest trees, and the Propagation of Timber).

 

Sylva adalah studi komprehensif pertama tentang hutan di Inggris, sebagai hasil penelitian untuk Royal Society, sebuah komunitas masyarakat ilmiah nasional di Inggris yang didirikan pada 1662 dan diterbitkan sebagai buku 1664.

 

Buku ini menganjurkan untuk reboisasi setelah hutan Inggris rusak berat akibat peningkatan produksi kayu untuk industrialisasi dan Perang Saudara. Buku ini juga memberikan deskripsi rinci dari berbagai jenis pohon di Inggris, menjelaskan bagaimana mengolah dan katalogisasi kayu hutan tersebut.

 

Sylva menjadi buku paling laris dan berhasil mempengaruhi pemilik tanah dan aristokrat kaya untuk menanam pohon demi reboisasi hutan.

 

(Jay Fajar; Bahan dari : https://www.mongabay.co.id/2016/09/22/ini-lima-tokoh-konservasi-dunia-yang-semestinya-kita-ketahui-siapa-sajakah/)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close