Selingan

Misteri Ainu Penduduk Asli Jepang Sulit Dijumpai

(travel.tempo.co)-JAKARTA; Penduduk asli Jepang itu Suku Ainu. Mereka tinggaldi Hokaido. Ke mana mereka? Sebagaimana suku asli, mereka terdesak pendatang. Mengikis habis budaya dan kalah oleh benturan budaya.

 

Kimiko Naraki (70) terlihat puluhan tahun lebih muda. Dia Suku Ainu, kini sebagian besar tinggal di Hokkaido, pulau paling utara Jepang. Suku Ainu dulu menguasi wilayah dari Honshu utara (daratan Jepang) hingga ke Sakhalin dan Kepulauan Kuril (kini, disengketakan dengan Federasi Rusia).

 

Suku Ainu menarik antropolog karena identitas budaya, bahasa, dan fisiknya. Wisatawan jarang mendengarnya walau mereka pemukim awal Hokkaido, dan dipinggirkan pemerintahan Jepang berabad-abad.

 

Suku ini punya sejarah sulit. Dinukil dari BBC, asal-usulnya suram, tapi beberapa sarjana percaya  mer keturunan  penduduk asli, yang pernah menyebar ke Asia utara. Ainu menyebut Hokkaido “Ainu Moshiri” (“Tanah Ainu”), dan pekerjaan aslinya berburu, mencari makan, dan memancing, seperti banyak penduduk asli di dunia.

 

Mereka tinggal di pantai selatan Hokkaido yang lebih hangat dan berdagang dengan Jepang. Setelah Restorasi Meiji (150 tahun lalu), orang daratan Jepang beremigrasi ke Hokkaido. Saat Jepang daratan menjajah pulau paling utara, dan praktik diskriminatif seperti UU Perlindungan Aborigin 1899 dimulai. Mereka memindahkan Ainu dari tanah tradisionalnya ke pegunungan tandus, di tengah-tengah pulau.

 

“Ini kisah  buruk,” kata Kunihiko Yoshida, profesor hukum di Universitas Hokkaido. Mereka dipaksa bertani, dan tak bisa menangkap ikan salmon dan berburu rusa di tanah mereka, kata Yoshida ke BBC. Mereka diminta mengadopsi nama Jepang, berbahasa Jepang dan kehilangan budaya, tradisi, termasuk upacara beruang. Karena stigmatisasi yang luas, banyak Ainu menyembunyikan nenek moyang mereka.

 

Efek jangka panjangnya terlihat hari ini, sebagian besar Ainu tetap miskin dan kehilangan hak politis, dengan pengetahuan leluhur mereka hilang. Malahan peneliti Jepang mengobrak-abrik kuburan Ainu dari akhir abad ke-19 hingga 1960-an, mengumpulkan koleksi besar sisa Ainu untuk penelitian dan tidak pernah mengembalikan tulang-tulang itu.

 

Kini pemerintah Jepang mencari sesuatu tentang Ainu. April 2019, mereka diakui sebagai penduduk asli Jepang, setelah bertahun-tahun musyawarah, menghasilkan apresiasi lebih positif pada budaya Ainu dan kebanggaan baru dalam bahasa dan warisan budaya mereka.

 

“Penting melindungi kehormatan dan martabat orang Ainu dan menyerahkan ke generasi berikutnya, untuk mewujudkan masyarakat dinamis dengan nilai beragam,” kata juru bicara pemerintah Yoshihide Suga, seperti dilaporkan dalam The Straits Times.

 

Desa wisata Ainu

“Ini pondok beruang kami,” ujar Kimiko Naraki, wanita berperawakan pendek dan lincah, berteriak melalui pengeras suara yang dipegang tangan, senyumnya membuat dahinya berkerut. Topi biru di kepalanya dan tunik pendeknya, disulam berdesain geometris merah muda, diikat tajam di pinggang. Dia menunjuk struktur kayu yang terbuat dari kayu bulat, berbentuk rumah panggung.

 

“Kami menangkap beruang sebagai anak dan membesarkan mereka sebagai anggota keluarga. Mereka berbagi makanan dan tinggal di desa kami. Ketika saatnya, kami bebaskan satu ke alam dan membunuh yang lain untuk dimakan. ”

 

Setelah merawat beruang, mereka percaya semangat binatang suci, mereka sembah sebagai dewa, akan memastikan keberlanjutan nasib baik seluruh anggota suku. Naraki menunjukkan kami di sekitar Ainu kotan (desa). Dia menunjuk ke struktur kayu seperti lemari. “Ini toilet para pria,” katanya. Di sebelahnya ada gubuk kecil bergaya teepee. “Dan yang ini untuk para wanita.”

 

Naraki memimpin tur kotan ini mengajari pengunjung budaya Ainu. Ini dari Sapporo Pirka Kotan (Pusat Promosi Budaya Ainu), fasilitas kota pertama di Jepang yang berpenduduk asli, dan pengunjung dapat menikmati kerajinan tangan, nonton tarian tradisional dan membayangkan kehidupan tradisionalnya. Saat itu Hokkaido hutan belantara luas dan mereka hidup dengan apa yang ada dari bumi.

 

Lokasi kampung Ainu sekitar 40 menit bermobil dari pusat kota Sapporo, ibu kota Hokkaido. Sapporo Pirka Kotan dibuka (2003) untuk mengajari wisatawan Jepang dan Wisman tentang budaya Ainu dan menyebarkan pesan kepada dunia.

 

“97% Ainu ada di bawah tanah. Tapi orang yang ke sini untuk acara, bangga dengan budayanya ”kata Jeffry Gayman,  antropolog pendidikan di Universitas Hokkaido yang bekerja dengan Ainu 15 tahun.

 

Kebanggaan ini terlihat di museum kecil di pusat kota ini, tempat artefak Ainu, (pakaian dan peralatan tradisional), ditampilkan dengan cermat. Di lantai atas, kamar dan pengunjung dapat ikut lokakarya bordir Ainu atau belajar membuat alat musik tradisional mukkuri (kecapi mulut bambu). Dengan jadi tuan rumah acara, anggota komunitas dapat mendidik dunia tentang sejarah dan situasi mereka.

 

“Jika aku coba memberi tahu orang tentang hak dan pemberdayaan Ainu, tidak ada yang tertarik. Tetapi ketika orang melihat tarian atau musik kami, itu membuat mereka tertarik untuk tahu lebih banyak tentang kami,” jelas Ryoko Tahara, aktivis Ainu dan presiden Asosiasi Wanita Ainu.

 

Meski pusat ini langkah penting berbagi budaya Ainu nasional dan internasional, tapi tidak ada yang tinggal Sapporo Pirka Kotan. Kotan, replika untuk menunjukkan kehidupan tradisional Ainu. Hanya beberapa kantung lingkungan terisolasi dari orang Ainu yang tersisa, di Hokkaido, dan mayoritas 20.000 Ainu (tidak ada angka resmi) berasimilasi dengan kota kecil di sekitar pulau.

 

Pelancong yang cermat akan dapat melihat jejak budaya mereka. Banyak nama tempat di Hokkaido berasal Ainu, seperti “Sapporo”, asal dari kata Ainu sat (kering), poro (besar) dan hewan peliharaan (sungai) karena lokasinya di Sungai Toyohira; atau “Shiretoko” – semenanjung yang menonjol dari ujung timur laut Hokkaido – yang dapat diterjemahkan sebagai “tanah” (siri) dan “titik yang menonjol” (etuk).

 

Kebanggaan Ainu terlihat di acara seperti Festival Marimo tahunan di Danau Akan dan festival Shakushain di Shizunai; dan kelompok seperti The Ainu Art Project, kelompok beranggota 40 orang yang berbagi budaya Ainu via band, fusion rock, serta seni dan kerajinan tangan. Restoran seperti Kerapirka di Sapporo menyajikan makanan Ainu dan bertindak sebagai penghubung bagi masyarakat setempat.

 

“Kita bisa lihat nilai-nilai Ainu dalam aturan saat orang Ainu berkumpul, atau dalam rumah mereka, di pertemuan kota setempat atau acara. Tetapi Anda perlu tahu apa yang Anda cari,” kata Gayman. Prinsip utama Ainu, berupa kemurahan hati dan keramahan, “Mereka orang yang berhati ringan,” katanya.

 

Ainu jadi lebih menonjol di panggung nasional, dengan aktivis Kayano Shigeru yang terpilih sebagai anggota parlemen Jepang (1994). Ia jadi anggota parlemen 5x masa jabatan. Lalu ada serial mangan Golden Kamuy, mendorong budaya Ainu menjadi sorotan nasional selama beberapa tahun terakhir.

 

“Beberapa tahun terakhir, orang jadi lebih tertarik pada Ainu; ini jadi topik hangat di Jepang,” kata Tahara. “Itu membuatku bangga, orang tahu tentang Ainu, tapi masih ada yang harus dilakukan.”

 

Langkah terakhir ke depan untuk komunitas ini ruang simbolik untuk memamerkan budaya Ainu, yang terdiri dari Museum Nasional Ainu, taman nasional, dan monumen, yang dijadwalkan untuk dibuka pada bulan April 2020 pada saat Olimpiade, tetapi telah ditunda karena Covid-19.

 

(terjemahan; Ludhy Cahyana;  Bahan dari : https://travel.tempo.co/read/1344373/misteri-ainu-penduduk-asli-jepang-yang-sulit-dijumpai)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close