Iptek dan Lingk. Hidup

7 Kunci Otak Awet Muda

Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa anda tempuh untuk membuat Otak Anda bekerja lebih baik, lebih cepat dan lebih pintar.

1. BERGERAK
Pengasah Otak paling baik adalah Sepatu Olah Raga. Begitu memakai Sepatu OR anda bisa langsung memompa Jantung. “Latihan Aerobic adalah saran terbaik yang bisa menjaga Otak tetap sehat dan awet Muda,” kata Donald Stuss, PhD, neuropsikolog dan direktur Rotman
Research Institute dari Baycrest Centre for Geriatric Care di Toronto, Kanada.

Mark McDaniel,PhD,profesor psikologi di Washington University, St.Louis USA menyetujui dan menambahkan dan menyarankan program kombinasi Aerobik dan Latihan beban. OR mampu mencegah keterbelakangan mental, bahkan memory yang hilangpun bisa dikembalikan.

Berdasarkan sejumlah study, salah satu keuntungan latihan Aerobic adalah membantu pertumbuhan jaringan pembuluh dalam Otak. Banyak supply darah, nutrisi dan yang paling penting untuk kesehatan Otak-Oksigen.

2, MAKAN
Jalan lain untuk mendapatkan otak lebih baik adalah melalui perut. Mengkonsumsi makanan mampu menetralisir radikal bebasyang berbahaya, bisa juga berguna untuk kesehatan Otak anda. Radikal bebas bisa memicu kerusakan neuron dalam Otak.

Zat anti oksidan banyak ditemukan dlm berbagai buah berwarna dan sayuran, misalnya, biji2an, gandum, kacang2an, rempah2. Nutrisi lengkap tetap yg terbaik. Mengkonsumsi makanan sehat untuk menghindarkan berbagai penyakit keturunan modern.

Tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas dan kolestrol tinggi; semua itu bisa membebani hidup Otak anda, kata Carol Greenwood,PhD, ahli yg meneliti penemuan dari Univercity of Toronto, Kanada.

3. TAMBAH KECEPATAN
Otak anda adalah mesin yg bisa belajar. Jelas Michel Merzenich, ahli saraf dari Univercity of California, San Fransisco, Amerika Serikat. Dengan alat yang tepat, kita bisa melatih Otak bekerja seperti saat kita masih lebih muda.

Michel mengembangkan serangkaian latihan berbasis Komputer, yg bertujuan mempercepat kerja Otak dlm. memproses Informasi (Klik positscience.com). Kebanyakan Data yg kita terima datang melalui Ucapan, Brain Fitness .

Program2 bekerja melalui bahasa dan pendengaran yg berguna meningkatkan kecepatan sekaligus akurasi anda dalam menangkap informasi. Contoh2 permainan/latihan yg bisa mendorong percepatan kerja Otak :

-Membedakan suara mis; antara “Dog” dan”Bog”, diucapkan dgn kecepatan yg terus meningkat. Anda spt. dilatih oleh Instrutur tenis, anda terus memukul bola semakin cepat sepanjang latihan, supaya diri anda terus tertantang.

-Anda bisa mencoba satu dari ribuan aktivitas baru yg menantang dan menarik, seperti bermain Pingpong, Bridge, mengerjakan Teka-teki silang, belajar bahasa baru, mengambil kelas Akordeon, membuat miniatur pesawat, dll.

Kerjakan apapun yang anda minati dan mampu meningkatkan konsentrasi, yang memaksa Otak belajar, kata Michel, yg berusia 64 tahun yg memiliki 4000 hobi, termasuk mengelola Toko Kayu dan perkebunan Anggur.

4. TETAP TENANG
Menantang Otak Anda memang penting, tetapi menjaganya tetap tenang juga sama pentingnya. “Hindari Stres”.Jeansok Kim dari Univecity of Washington, Amerika Serikat, menyebutkan dengan jelas, bahwa trauma Stres tdk baik untuk sel Otak.

Stres bisa mengganggu kinerja Otak, antara lain dalam hal belajar dan mengingat, dan pada akhirnya membatasi kualitas hidup manusia. Lakukan latihan fisik yg bisa menjadi pelepas stres, mis. Yoga, meditasi, dll, pastikan Anda rileks dan bersenang-senang saat menjalankannya.

5. ISTIRAHAT
Ketika menghadapi masalah yang kompleks, akan lebih baik anda mengistirahatkan Otak dahulu, sebelum mengambil keputusan. Para peneliti dari Harvard Medical Scool mengamati berbagai macam kondisi yang mendorong seseorang mampu menghasilkan solusi kreatif.

Dalam penelitian yg melibatkan perhitungan matematika, ditemukan bahwa istirahat yg cukup dimalam hari, para partisipan lebih mungkin menemukan solusi kreatif untuk menyelesaikan masalah pada keesokan harinya. Otak yang tidur, menurut mereka, lebih mudah menerima
informasi yang kompleks.

6.SEDIKIT TERTAWA
Humor mampu menstimulasi bagian Otak yang menghasilkan “Zat Dopamin” dan mampu memberikan perasaan “Enak dan nyaman”. Tertawa mampu memberikan perasaan puas, bahkan kadang adaptif, untuk Otak.

7. TAMBAH USIA
Tidak ada yang menyarankan revisi Undang-undang yang memungkinkan anak 20 tahun menjadi Presiden. Syarat Umur tetap dipatok 35 tahun. Anda tetntu pernah mendengar tentang betapa bijak penilaian dan pendapat orang yg lebih tua.

Sekarang Para ahli mulai memahami cara kerja kebijakan dalam diri seseorang dilihat dari sisi Neurologi. Michel menjelaskan, Semakin dewasa seseorang,  memiliki jutaan rekaman skenario dan fakta sosial yang bisa dijadikan acuan ketika dibutuhkan.

Orang dewasa lebih baik dalam menyelesaikan masalah, karena mereka memiliki lebih banyak informasi mental sebagai referensi dari pada mereka yang lebih muda. Itulah alasan orang di usia 50 dan 60 terlihat lebih bijak. Merekalah orang yang kita tuju untuk meminta saran
terbaik. Merkalah Orang yang kita percaya untuk menjalankan sebuah Perusahaan atau Negara.

Barry Gordon, neurolog di The Johns Hopkins School of Medicine dan penulis Intelligent Memory : Improve the Memory That Makes you Smarter, menyebutkan, “Untung ada sesuatu yang jadi lebih baik seiring pertambahan usia” (Tjahjanto darmosupeno; bahan dari Cuplikan : Reader’s Digest, Mei 2012 Oleh : William Speed Weed)-FR

 

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close