Iptek dan Lingk. Hidup

Ban angin atau ban nitrogen?

Salah satu kegiatan tes ban (Bridgestone)
Karawang (ANTARA News) – Jasa  pengisian nitrogen pada ban semakin banyak tersedia di pom bensin atau yang resminya disebut  Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU). Manajer Teknik PT. Bridgestone Tire Indonesia (BTI) Agus Sarsisto menyarankan pemilik kendaraan untuk menggunakan ban berisi nitrogen karena banyak manfaat yang diberikan dibanding ban angin.

 

Nitrogen tidak cepat panas karena jumlah molekul dalam nitrogen lebih besar sehingga tidak mudah kempes dan panas. Ban Nitrogen tidak terasa terlalu kasar jika melewati lubang,”  katanya di sela-sela peluncuran ban Turanza AR-20 di Karawang.

Sebaliknya, ban berisi angin memiliki molukel kecil sehingga cepat panas dan ban model ini cepat membuat karatan lapisan kawat baja yang terdapat di dalam ban atau istilahnya korosif.

Hal itu karena angin terdiri dari senyawa oksigen dan air, kedua senyawa itu cepat membuat benda besi atau baja karatan. “Tekanan udara di dalam ban dapat menembus lapisan-lapisan di dalam ban, sebaiknya menggunakan ban nitrogen,” katanya (adm; Editor: Aditia Maruli COPYRIGHT © 2012; Selasa, 22 Mei 2012 18:13 WIB | Dilihat 5299 Kali)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close