Iptek dan Lingk. Hidup

Kanker bisa disembuhkan

JAKARTA–MICOM: Satu dari 6 kanker akibat infeksi dalam tubuh manusia dapat disembuhkan. Demikian hasil penelitian yang dilakukan di Prancis. Catherine de Martel dan Dr Martyn Plummer, dokter spesialis terkemuka dari International Agency for Research on Cancer in Lyon di Prancis, menganalisis statistik kasus kanker yang berkembang di seluruh dunia pada tahun 2008. Mereka menemukan dua juta atau 16,1 persen dari jumlah kasus kanker diakibatkan infeksi.

Kanker yang dimaksud itu menyerang usus besar, leher rahim, hati, dan serviks. Para ilmuwan mencatat sebagian kanker tersebut dapat diobati bahkan dicegah.  Kanker-kanker tersebut adalah infeksi yang disebabkan bakteri Helicobacter pylori, Hepatitis B dan C, serta virus papiloma manusia. Berdasarkan hasil analisis, sebanyak 9,5 persen pasien yang didiagnosis kanker terbukti memiliki satu dari empat bakteri tersebut.

Dengan mempertimbangkan temuan ini, para ilmuwan Prancis mendesak untuk mengubah pendekatan sistem kesehatan global agar lebih fokus pada pencegahan infeksi, terapi mikroba, dan vaksinasi. (Metrotv/OL-9; http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/06/324540/291/7/Ada-Kanker-yang-Bisa-Disembuhkan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close