Artikel

Pemerintah galakkan internet gratis

JAKARTA – Kemenkominfo menargetkan pembangunan “Wireless Fidelity”. “Program Wifi di 745 kabupaten di Indonesia ini dikerjakan dalam kerangka Kewajiban Pelayanan Umum (KPU), tujuannya agar masyarakat mendapat internet gratis dengan kecepatan yang bagus,” kata Kepala Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kominfo H. Santoso.

Rencananya, wi-fi yang disediakan secara gratis 24 jam tersebut akan berkecepatan 2 megabyte. “Pengoperasian wi-fi pertama akan dilakukan pada Juni 2012 di Ambon, bertepatan dengan momen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), lokasi pendirian wifi diserahkan ke Pemda masing-masing,” jelas Santoso.

Pembangunan wi-fi itu adalah salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mencapai target agar seluruh wilayah Indonesia sudah memiliki jaringan Internet pada 2015, sesuai komitmen pemerintah pada konferensi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC).

“Selain wi-fi kami juga berupaya untuk melakukan upgrading desa punya internet atau desa pinter di 1.330 desa dengan kewajiban penggunaan sistem operasi maksimal satu berbasis opensource dan berlisensi,” tambah Santoso.

Program selanjutnya adalah pembangunan Nusantara Internet Exchange (NIX) di 33 ibu kota provinsi, saat ini yang baru selesai baru di Medan, Palembang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Jayapura dan Ternate. “Kami ingin memasang gateaway agar akses internet di daerah lebih cepat namun tidak mahal, rencananya pertengahan tahun ini, gateaway di 25 provinsi lain sudah selesai,” ungkap Santoso. (Ant/hay/E-6; http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/90986)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close