Islam

Tausiyah Ba’da Sholat Wajib

Di masjid-masjid yang besar di perkotaan sering diselenggarakan tausiyah pendek setelah dilaksanakan sholat wajib yang biasanya jemaah belum selesai dzikir dan belum melaksanakan sholat sunnah ba’diyah (terutama saat sholat dzuhur).

Dulu sebelum mengerti kedudukan hukum dari tausiyah tersebut, saya dalam hati suka bertanya kok belum selesai sampai dengan sholat ba’diyah sudah dilaksanakan tausiyah yang sepertinya mengganggu kehidmatan ibadah jemaah.

Namun setelah tahu hukumnya, saya menangguhkan sholat sunnah ba’diyah dan langsung menyimak tausiyah, karena itu berarti mengutamakan bergabung dalam majelis ilmu. Mencari ilmu hukumnya wajib dan pendapat 4  Imam Mazhab bahwa setelah ibadah mahdhoh tidak ada yang lebih utama dari meyibukan diri dengan ilmu dibandingkan dengan ibadah sunnah lainnya.

Jadi kalau di masjid tempat kita sholat ada tausiyah ba’da sholat fardhu sebaiknya kita ikuti dan menangguhkan sholat sunnah ba’diyah, walaupun boleh jadi yang disampaikan materinya kita sudah tahu, karena menurut sahabat Muadz bin Jabal bahwa mengulangi ilmu itu adalah dzikir. Jadi kita duduk menyimak tausiyah ba’da sholat fardhu, Insya Alloh akan menjadi salah satu amal kebaikan. Wallohu ‘alam. (Nanang Hidajat)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close