Kesehatan

Kebutuhan air bagi tubuh

Air adalah nutrisi terpenting dalam tubuh, namun air tidak dapat digunakan sebagai alat menguruskan badan atau menggantikan peran zat gizi yang lain. Kelebihan atau kekurangan air bisa membahayakan tubuh. Konsumsi air secukupnya, jangan berlebih tetapi jangan sampai dehidrasi, kata dokter ahli gastroenterologi- hepatologi FKUI, Ari Fahrial Syam.

Konsumsi air berlebih, bisa memacu jantung bekerja keras memompa darah, dan bisa memicu terjadinya gagal jantung, terutama bagi mereka yang jantungnya lemah. Kenyataannya, sebagian besar orang justru kurang minum. 46% remaja dan orang dewasa di Indonesia mengalami dehidrasi, karena kurang minum air, banyak orang sering mengabaikan rasa haus.
Setiap hari, orang butuh 2,5 liter ( laki-2 ), dan 2 liter air ( perempuan ) , kata dokter gizi FKUI dr Saptawati Bardosono. Turunnya daya konsentrasi dan suasana hati yg berubah negatif merupakan tanda dehidrasi, katanya.

Minum air diperlukan untuk menjamin metabolisme tubuh,memastikan kenyamanan tubuh sehingga suasana hati dan konsentrasi terjaga, serta melindungi ginjal dan saluran kemih. Kurang minum air, membuat mudah terbentuk kristal dalam urine, yang bisa berkembang menjadi batu ginjal.
(Mustadjab A; bahan dari Lingkungan & Kesehatan, Hu Kompas,11/10 )-FR.

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close