Artikel

Tablet makin menggeser Notebook

Fungsi Notebook kini makin tergeser oleh Tablet. Fenomena tersebut diyakini karena fungsi Tablet lebih fun, lebih stylish, dan tentunya sarat dengan fungsi-fungsi entertainment. Terutama setelah maraknya Tablet yang memiliki ukuran 9,7 inci sampai 10 inci. Diprediksi, dengan layar yang semakin besar, fungsi Tablet akan lebih optimal dan lebih nyaman untuk pengguna.

“Tablet 10 inci akan menjadi tren pada 2013 karena masyarakat sudah teredukasi menggunakan Tablet. Di samping itu, Tablet 10 inci benar-benar bisa mengakomodasi kegiatan kantoran,” ungkap Teguh Prasetya, pengamat Telekomunikasi.

Ditegaskan Teguh, layar dengan ukuran 10 inci sangat memberikan kenyamanan, pengguna bisa mengedit dokumen, presentasi, dan hal yang berhubungaan dengan aktivitas kantor. “Saya kira Tablet layar besar akan menjadi kebutuhan utama pengguna. Untuk membaca buku dan majalah digital lebih pas. Apalagi jika harganya sangat terjangkau, diprediski akan ada migrasi pengguna Tablet 7 inci ke 10 inci sekitar 30-35 persen pada 2013,” ungkap dia.

Adanya migrasi pengguna Tablet dari 7 inci ke 10 inci, tambah Teguh, salah satu faktornya adalah makin maraknya brand nasional menawarkan Tablet 9,7 inci dan 10 inci dengan harga sangat fantastis. “Kualitas Tablet nasional makin baik, jadi saya kira akan menjadi pilihan utama bagi mereka yang berada di segmen C dan B,” tandas Teguh.

Hal tersebut diyakini juga oleh Candra Lijanto, Direktur Marketing Advan. Menurut dia, kecenderungan pengguna Tablet 7 inci bermigrasi ke 10 inci disebabkan kebutuhan akan kenyamanan dan kecenderungannya. Tablet sekarang ini benar-benar sudah dijadikan perangkat yang menunjang pekerjaan. “Untuk produk kami, ada Advan Vandroid T3i, memiliki layar 9,7 inci dengan kemampuan andal,” tegas dia.

Vandroid T3i, menurut Candra, didukung dengan operating system Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), dan kelengkapan lainnya seperti slot sim card yang bisa dijadikan sebagai fungsi telefoni dan modem WCDMA 3G terintegrasi. Kemudian untuk dapur pacu, lanjut Candra, menggunakan prosesor cepat ARM Cortex A9 berkecepatan 1.0Ghz dan dilengkapi memori RAM 512MB serta media penyimpanan internal berkapasitas besar 4GB.

Selain itu, dilengkapi juga dukungan ekspansi penyimpanan data melalui kartu memori MicroSD yang mendukung sampai kapasitas 32 GB (dijual terpisah). Tablet PC Android ini juga berisi aplikasi umum untuk kebutuhkan hiburan (foto, musik, FM radio, dan HD video player) dan kebutuhan untuk mengakses internet (browsing, email, chatting).

Adapun untuk mengakses ke koneksi internet, lanjut candra, T3i sudah dilengkapi perangkat modem 3G terintegrasi, Wifi (WLAN) dan konektivitas bluetooth v2.1 EDR terintegrasi. Selain itu, Tablet PC ini juga dilengkapi dual kamera (depan dan belakang) dengan fungsi foto dan perekam video serta dukungan fasilitas standar Google Android seperti Gmail, Maps, Android Market, Google Search, Google Talk, dan lain sebagainya. (hay/E-6; http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/107178)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close