Psikologi

Telkom Raih Indonesia Sustainability Award

Jakarta, 4 Desember 2012 – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dinobatkan sebagai The Best Sustainability Report 2011 untuk kategori Service dan Runner Up 2 Best Website 2012 oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR) dalam ajang Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA).

 

Penghargaan ISRA tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Juri ISRA Sarwono Kusumadmadja kepada Direktur HCGA Telkom Priyantono Rudito, di Jakarta Senin (3/12). “Penghargaan ini tak terlepas dari dukungan seluruh karyawan Telkom, hal ini tentu memotivasi untuk senantiasa mempertahankan dan meningkatkan keberlanjutan perusahaan dimasa datang,” ujar Priyantono.

 

Menurut Priyantono, Telkom sebagai BUMN penyelenggara layanan telekomunikasi terbesar berkomitmen kuat mendorong laju pertumbuhan perekonomian nasional. Melalui penciptaan nilai ekonomi berbasis pembangunan berkelanjutan, Telkom senantiasa berpartisipasi aktif pada upaya global dalam menanggulangi dampak perubahan iklim melalui pemanfaatan energi terbarukan dan pemeliharaan kelestarian lingkungan hidup.
“Penghargaan yang diterima Telkom ini semoga dapat memotivasi kami untuk melakukan lebih baik lagi, khususnya dalam pembuatan laporan berkelanjutan sebagai bentuk tanggung jawab Perusahaan Publik kepada stakeholder,” jelas Priyantono.

 

Salah satu upaya untuk mendorong laju pertumbuhan perekonomian nasional adalah pemberdayaan Usaha Mikro Koperasi dan Menengah (UMKM) melalui penyaluran dana pinjaman lunak dalam Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

 

Pada 2011 total penyaluran pinjaman lunak untuk UMKM sekitar Rp 302 miliar dengan jumlah mitra binaan 9.189 unit usaha, termasuk penyaluran dana melalui kerjasama dengan BUMN lain sekitar Rp 22 miliar. Selain itu, Telkom melakukan pelatihan kewirausahaan, di seluruh Indonesia dengan anggaran dana Rp 17,7 miliar.

 

Priyantono menjelaskan, Telkom sebagai perusahaan publik telah menjalankan kewajiban membuat laporan keberlanjutan sesuai dengan amanat Pasal 66 Ayat 2 UU No. 40 / 2007 tentang Perseroan Terbatas. Telkom menerima penghargaan ini yang ke-7. Sejak 2006 dan dalam kurun waktu 4 tahun berturut-turut, yakni 2008, 2009, 2010 dan 2011, Telkom selalu memperoleh penghargaan ISRA.

 

ISRA merupakan penghargaan tahunan, diselenggarakan National Center for Sustainability Reporting (NCSR). Penghargaan ISRA ini juga diberikan kepada perusahaan yang telah mempublikasikan laporan keberlanjutan, yang diterbitkan terpisah dan terintegrasi dalam laporan tahunan. Sesuai aturan pemerintah, dalam hal ini Bapepam mengharuskan perusahaan publik mengungkapkan pelaksanaan kegiatan CSR dalam laporan tahunannya.

 

Penghargaan ini selain mendukung pelaporan tanggung jawab sosial dan lingkungan, diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas perusahaan dengan menekankan tanggung jawab terhadap pemangku kepentingan utama (key stakeholders) serta meningkatkan kesadaran perusahaan terhadap transparansi dan akuntabilitas.

 

Penghargaan tahunan ini diselenggarakan oleh NCSR yang bekerjasama dengan Indonesian-Netherlands Association (INA), Ikatan Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) dan Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) dengan didukung oleh Kemeneg Lingkungan Hidup.

 

Penetapan pemenang didasarkan pada pedoman keberlanjutan Global Reporting Initiative (GRI) dengan dewan juri yang mewakili sejumlah pemangku kepentingan, seperti IAMI, Bursa Efek Indonesia, berbagai Universitas, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Pers serta Non-Govermental Organizations. Semua assessors adalah lulusan Certified Sustainability Reporting Specialist (CSRS).

Untuk Keterangan Lebih Lanjut, hubungi : PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Phone : 62-22-4527455; Fax : 62-22-4521411; e-mail : corporate_comm@telkom.co.id
website: www.telkom.co.id; (Sumber dari http://www.telkom.co.id/pojok-media/siaran-pers/telkom-kembail-raih-indonesia-sustainability-award.html)- FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close