Kesehatan

Risiko kopi bagi penderita prostat

Dalam FB grup ILP, ramai didiskusikan dampak minum kopi bagi prostat, yuk kita dalami :  Ini kabar kurang menggembirakan bagi pria yang suka kopi, terutama yang usianya sudah 50 tahun ke atas. Kebiasaan meminum kopi ternyata bisa menyebabkan gangguan pada kelenjar prostat.

 

Di tahap awal, pembesaran kelenjar prostat tak begitu terasa mengganggu. Penderita hanya merasakan gangguan saat buang air kecil. Gangguan ini jika dibiarkan, mengakibatkan proses buang air kecil makin sulit atau bila parah, tidak mampu berkemih sama sekali. Hal ini bila dibiarkan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan juga mengakibatkan kerusakan ginjal.

 

Penelitian medis (2002) menyatakan pria yang suka mengkonsumsi kopi, cenderung mengalami gangguan prostat lebih besar dari yang jarang atau tidak minum kopi. Kopi dan minuman berkafein lain bisa memperparah pembesaran prostat karena kandungan kafein dalam kopi meningkatkan produksi urin dalam tubuh.

 

Kecenderungan lain pemicu pembesaran kelenjar prostat terjadi pada pria yang jarang makan sayuran dan buah-buahan berserat tinggi. Pria usia 40 keatas 5, sebaiknya mulai memperhatikan kedua hal itu. Kurangi minum kopi dan yang mengandung banyak kafein secara berlebih dan tingkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran. Karena kafein tidak hanya buruk untuk kesehatan kelenjar prostat, tetapi juga meningkatkan resiko terkena penyakit darah tinggi dan jantung.

 

Bagi Anda yang saat ini tidak terganggu prostat, tidak ada salahnya menjaga kesehatan prostat sejak dini. Tidak ada salahnya mengkonsumsi suplemen alami dengan kandungan Saw Palmetto minimal 100 mg/hari karena menjaga lebih baik dari mengobati. (http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2013/03/26/wajib-baca-bahaya-kopi-untuk-prostat-545516.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close