Kesehatan

Awet tua dengan Video games

IOWA – Tim peneliti dari University of Lowa, USA mengatakan video game bernama Road Tour dapat meningkatkan keterampilan, khususnya para lansia. “Dengan bermain video game dapat mengembalikan kecepatan berpikir seseorang. Game ini bukan saja untuk anak-anak, tetapi juga untuk lansia,” ujar salah satu peneliti, Fredric Wolinsky.

Dilansir DigitalSpy, Jumat (3/5/2013), setelah 10 jam bermain video game ini, lansia (usia di atas 50 tahun) akan memiliki kecepatan berpikir seperti tiga tahun lebih muda dari usia yang sebenarnya. Dalam video game ini pemain akan diminta mengingat potongan-potongan informasi tertentu, sehingga akan melatih kognitif mereka.

Pemain akan diperlihatkan dua mobil besar yakni truk dan mobil jeep serta gambar angka kecepatan maksimal. Kemudian setelah beberapa detik, pemain akan diminta menentukan di mana letak gambar-gambar tersebut.

Selanjutnya, pemain juga akan memainkan game seolah-olah sedang mengendarai mobil. Akan tetapi, visualisi grafisnya dibatasi dan perlahan-lahan berpindah. Hal ini dimaksudkan agar pemain fokus terhadap apa yang ada di sekitarnya.

“Seiring dengan bertambahnya usia, maka bidang visual seseorang akan menurun. Hal ini normal saja. tetapi, bisa berbahaya bagi mereka yang tidak awas ketika sedang berkendara karena sebagian besar lansia hanya akan berfokus pada bidang pandang lurus saja dan kurang memperhatikan hal-hal di sekitarnya,” tutup Wolinsky. (amr; http://techno.okezone.com/read/2013/05/03/56/801903/manfaat-bermain-video-game-bagi-mental-lansia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close