Kesehatan

Keuntungan Donor Darah Bagi Tubuh(2/2)

(lifestyle.okezone.com)-Menurunkan risko kanker

Dengan jadi pendonor, Anda berarti ikut membantu tubuh membuang kelebihan zat besi yang menumpuk di dalam tubuh. Dalam jumlah yang tepat, zat besi memang menawarkan banyak manfaat untuk tubuh.

 

Sebaliknya, pnumpukkan zat besi terlalu banyak dalam tubuh dapat meningkatkan radikal bebas yang bisa memicu penuaan dini dan penyakit kanker. Setidaknya itu yang ditemukan satu penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal of National Cancer Institute.

 

Mendeteksi penyakit serius

Kegiatan satu ini jadi cara mengatahui kondisi kesehatan. Pasalnya, ketika Anda ingin melakukannya, Anda lebih dahulu dicek kesehatannya. Dokter memeriksa kondisi Anda secara menyeluruh, menanyakan riwayat kesehatan, hingga pemeriksaan laboratorium untuk memastikan Anda berada dalam kondisi yang baik.

 

Jadi selain membantu orang lain yang butuh darah, Anda juga mendapatkan cek kesehatan Cuma2. Tapi, tidak semua orang bisa donor darah. Pasalnya, ada banyak syarat yang harus Anda penuhi sebelum melakukannya. Sebelum donor, pastikan kalau Anda memenuhi beberapa syarat, seperti:

 

– Sehat jasmani dan rohani.

– Berusia 17-65 tahun.

– Memiliki berat badan minimal 45 kg.

– Tekanan sistolik minimal 100-170, dan tekanan diastolik 70-100.

– Kadar hemoglobin berkisar antara 12,5 g/dl sampai 17 g/dl.

– Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak pendoran sebelumnya.

Selain yang sudah disebutkan di atas, ada juga beberapa kondisi kesehatan yang membuat Anda tidak diperbolehkan melakukan kegiatan mulia ini. Simak baik-baik daftar berikut.

 

– Demam

– Flu

– Penyakit jantung

– Penyakit paru-paru

– Kanker

– Hipertensi

– Diabetes mellitus (kencing manis)

– HIV/AIDS

– Epilepsi atau kejang

– Hepatitis B atau hepatitis C

– Penyakit menular seksual, termasuk gonore, sifilis, dan lain sebagainya.

– Kecanduan alkohol

– Pengguna narkoba

 

Mungkin ada banyak kondisi medis lainnya yang belum disebutkan di atas. Jika ragu, Anda bisa bertanya langsung pada dokter atau petugas medis sebelum Anda melakukan donor darah. (mrt; Bahan dari : Agregasi Hello Sehat dan https://lifestyle.okezone.com/read/2019/04/18/481/2045033/5-keuntungan-donor-danar-bagi-tubuh-tunggu-apa-lagi)-FatchurR * Tamat………….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close