Kesehatan

Bekerja dengan laptop

Terlalu sering menatap layar laptop membuat leher nyeri dan merusak penglihatan.Kebiasaan memakai laptop berjam-jam mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut cara sehat untuk menggunakan laptop,seperti dilansir Love panky.

1. Layar besar
Memilih laptop yang berlayar lebih luas membantu menghindari stres karena melihat teks atau gambar layar yang terlalu kecil. Selain itu, laptop besar keyboardnya besar dan membuat jari-jari Anda tidak cepat lelah atau kaku. Untuk menghindari kelelahan mata, ketika mengetik sebaiknya perbesar ukuran font pada layar.

2. Posisi laptop
Posisi laptop harus sejajar dengan sudut pandang Anda untuk menghindari kelelahan otot leher dan mata. Dengan demikian, Anda tidak perlu membungkuk atau memutar kepala saat menatap layar.

3. Gunakan mouse
Gunakan mouse terpisah, Anda dapat menggerakkan pergelangan tangan lebih mudah. Anda dapat meletakkan mouse disamping kanan keyboard. Ini menjauhkan cedera pergelangan tangan.

4. Ambil istirahat sejenak
Beristirahat sejenak tiap dua jam. Untuk menghindarkan kelelahan mata, hindari menatap layar tiap 30 menit sekali selama 1-2 menit. Dengan beristirahat, Anda mengurangi ketegangan otot dan sendi.

5. Berbaring lurus
Berbaring lurus menghilangkan ketegangan otot leher-punggung. Mata Anda juga butuh istirahat sejenak. Jadi, jangan dipaksa. Biarkan tubuh berbaring sejenak dan mengendurkan otot yang tegang.

Lakukan lima hal ini agar terhindari dari berbagai keluhan penyakit yang diakibatkan terlalu lama menggunakan laptop. (Suhirto M; SUMBER: Merdeka.com)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close