Kesehatan

Pengantar minum obat

Mengakali minum obat lebih menyenangkan, terkadang kita berusaha mencari partner obat selain air putih agar ada rasa manisnya. Tapi ternyata kita tidak bisa sembarangan dalam memilih partner, karena hampir sebagian besar obat mempunyai sifat yang interaksinya dapat mempengaruhi kerja dari obat itu sendiri, tergantung bersinggungan dengan zat apa obat itu. maka dr itu, air putih jauh lbh baik digunakan sbg minuman pengantar obat karena bersifat netral.

TEH
Minuman ini paling sering jadi pasangan utk minum obat, tapi teh sebenarnya kurang baik dipakai sbg pengantar minum obat. sebab didalam teh terdapat zat tanin yg bisa mengangkat zat besi yg terdapat didalam obat. Alhasil kalo minum obat pakai teh, obat yg kita minum jd tdk bs bekerja dgn sempurna.

SUSU
beberapa obat seperti keluarga antibiotik yang mengandung tetrasiklik akan bereaksi dengan susu. kalsium yang terdapat dalam susu akan mengikat obat atau antibiotik sehingga mencegah penyerapan obat tersebut di dalam tubuh.

KOPI
Dalam ilmu kesehatan kopi tdk dianjurkan dijadikan minuman pengantar minum obat. Pasalnya kopi mengandung zat yg dapat memacu kerja sel” tubuh. Jadi apabila obat dan kopi diminum bersamaan, maka akan muncul efek samping, seperti jantung berdebar-debar.

MINUMAN BERSODA
minuman bersoda mengandung zat” kimia yg pada intinya mempunyai efek yg membahayakan bagi tubuh. minuman bersoda mengandung kalsium karbondioksida, dan kalsium karbondioksida ini bs jd fatal efeknya apabila bersinggungan dgn bahan kimia yg terdapat dlm obat”an.

JUS BUAH
sekilas jus buah memang punya image yg menyehatkan. Tapi dibalik itu ternyata jus buah jg mengandung zat kimia yg akan memberikan efek samping yg tdk bisa kita duga. hampir tdk ada bedanya jus buah pabrikan atau jus buah yg masih fresh, karena zat kimianya berasal dr buah itu sendiri. (Suhirto M; sumber: Badan POM RI)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close