Kesehatan

Jika minum kopi terlalu pagi

KOMPAS.com – Benarkah secangkir kopi tak mampu meningkatkan energi di pagi hari? Ini penyebabnya. Para ahli menyebutkan, pagi hari waktu paling buruk untuk minum kopi. Alasannya, kadar kortisol dalam tubuh sangat tinggi di pagi hari.

Mengonsumsi kafein saat kadar kortisol tinggi menyebabkan dua masalah. Pertama, kafein akan mengganggu produksi kortisol tubuh, hormon yang dikeluarkan untuk merespon stres dan kadar gula darah rendah. Akibatnya, tubuh memproduksi kortisol dalam jumlah rendah sehingga kita merasa perlu minum lebih banyak kafein lagi.

Efek lain dari konsumsi kopi di pagi hari adalah meningkatkan toleransi seseorang pada kafein karena zat ini telah menggantikan kortisol alami tubuh. Dengan kata lain, efek peningkatan energi dan fokus dari kafein tak akan lagi kita rasakan.

Penelitian menunjukkan, waktu minum kopi terbaik adalah antara jam 10 pagi dan siang, serta antara jam 2 dan jam 5 siang. (Lusia Kus Anna; Healthland dan http://health.kompas.com/read/2015/06/03/080000423/Sebaiknya.Jangan.Minum.Kopi.Terlalu.Pagi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close