ArtikelIptek dan Lingk. Hidup

Resapan Biopori di Taman Mungil

Ada dua hal yang menggelitik saya untuk menyajikan tulisan ini :

a.Dimasa pensiun dan disisa usia ini, manfaat apa lagi yang masih bisa kita lakukan ?

b. Ketika bertemu dengan jajaran CDC Telkom GKP Bandung, pada tanggal 18/5/13 saat Rakernas P2Tel saya menyampaikan dan berandai andai, mungkinkah diwilayah RW saya dijadikan daerah percontohan peresapan airdengan dukungan CDC ?; Oke kita tinggalkan dahulu gagasan itu, marilah mendalami serial tentang Biopori

 

Kita ambil lokasi rumah yang berhalaman sempit (apalagi kalau halaman rumah makin luas), sangat memungkinkan dibuat lubang Biopori. Membuat sumur resapan saat ini sudah menjadi keharusan. Karena dengan cara yang sederhana ini, Anda bisa membantu mengembalikan air ke dalam tanah dan menjaga kelestarian lingkungan. Membuat resapan air di taman mungil (sisa halaman) paling sederhana dengan membuat lubang biopori. Lubang biopori bisa dibuat dengan alat bor biopori berdiameter 10 cm.

 

Lubang biopori ini bisa diisi dengan sampah organik berupa daun dan ranting kayu kering. Jumlah lubang yang disarankan disesuaikan dengan curah hujan dan luas lahan. Sebagai perkiraan, untuk luasan sekitar 100 m2 dengan curah hujan 50mm/jam, jumlah lubang biopori yang disarankan sebanyak 28 lubang.

 

Selain itu untuk menghindari lubang biopori ini menjadi berbau dan berbelatung maka jangan meneruskan membuat lubang jika tanahnya berair karena sampah organik yang dimasukkan akan mengeluarkan bau sebab tidak dapat diproses oleh mikroorganisme dalam tanah.

 

Selain itu lubang biopori ini jangan terlalu tertutup sebab bisa menjadi berbelatung. Lubang Biopori bisa ditutup dengan pot ukuran kecil yang dilubangi dasarnya atau menggunakan pipa paralon. Sebaliknya jika tanah yang dilubangi menjadi keras, cobalah untuk diberi air lalu ditinggal dulu beberapa saat agar tanah melunak dan lebih mudah untuk dilubangi.

Selokan yang mampet juga bisa diatasi dengan membuat lubang biopori di dasar selokan tersebut. (http://tipsrumah.com/membuat-area-resapan-biopori-di-taman-mungil/)

Catatan : Ikuti terus serial ini untuk melengkapi pemahaman anda-(FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close