Iptek dan Lingk. Hidup

Ditemukan 4 Spesies Baru di Palung Jawa

(inet.detik.com)-JAKARTA; PALUNG JAWA disebut satu titik paling terisolasi di muka Bumi. Tapi hal itu tak membuat niat ilmuwan dari Inggris ciut untuk mencapai titik terdalam di Samudra Hindia itu.

Tim ilmuwan bernama Five Deeps itu menyelam hingga kedalaman 23,596 kaki, atau 7,1 km untuk mencapai dasar Palung Jawa. Butuh waktu 2,5 jam untuk sampai di titik terendah palung ini.

Mereka menghabiskan waktu hingga 3 jam sebelum kembali lagi ke permukaan. Dalam kurun waktu tersebut, mereka berhasil menemukan empat spesies yang disebutnya belum pernah terlihat sebelumnya. Termasuk di dalamnya adalah spesies baru snailfish dan Ascidean.

 

“Tidak sering kita bisa melihat sesuatu yang sangat luar biasa yang bisa membuat kita tidak bisa berkata-kata,” ujar Alan Jamieson dari Newcastle University yang terlibat dalam ekspedisi ini.

“Dari seluruh temuan unik dan langka ini, temuan Ascidean momen yang sangat luar biasa. Saat ini kami belum benar-benar yakin spesies apa itu, tapi kami akan mencari tahu,” katanya menambahkan, sebagaimana detikINET kutip dari situs resmi Newcastle University, Selasa (23/4/2019).

Ascidean adalah hewan invertebrata yang tersebar hampir di semua perairan laut dan masuk di dalam ekosistem terumbu karang. Meski demikian, bentuk spesies yang ditemukan Jamieson dkk berbeda dengan Ascidean pada umumnya.

 

Hewan yang ditemukannya itu ibarat ikan pari dengan tubuh yang lebih gembung dan ekor lebih tipis, seperti benang. Ia pun tampak seperti mengambang saja di perairan ketimbang berenang. Maka dari itu timnya perlu melakukan penelitian lebih lanjut mengenai spesies tersebut.

Sayangnya, dari empat hewan yang ditemukan, hanya calon spesies baru dari snailfish dan Ascidean itu yang dapat direkam. Menarik untuk ditunggu hewan apa itu sebenarnya. (mon/krs; Muhamad Imron Rosyadi; Bahan dari : https://inet.detik.com/science/d-4522228/ilmuwan-temukan-empat-spesies-baru-di-palung-jawa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close