Iptek dan Lingk. Hidup

Fujitsu ubah kertas jadi layar-sentuh

TOKYO – Perkembangan teknologi kini berkembang pesat. Faktanya, banyak muncul perangkat elektronik menggunakan komputer, ponsel pintar, dan tablet berlayar sentuh. Namun, Fujitsu memberi kejutan lain, perusahaan Jepang ini sedang mengembangkan teknologi yang mengubah kertas jadi layar sentuh.

Fujitsu menginformasikan perusahaannya mengembangkan teknologi yang dapat mendeteksi objek yang disentuh oleh jari. Sebagai contohnya, dengan teknologi ini, sebuah kertas akan mampu diubah menjadi sebuah layar sentuh.

“Sistem ini tidak menggunakan perangkat keras spesial, teknologi ini hanya perlu perangkat seperti webcam, dan proyektor. Kemampuan pengubahan objek jadi layar sentuh dihasilkan sebuah teknologi pemrosesan gambar,” ujar Peneliti dari Fujitsu Media Service System Lab, Taichi Murase.

Dalam presentasi, teknologi ini mampu memanipulasi data yang terdapat di sebuah kertas. Dengan menggunakan jari, pengguna dapat menyalin gambar dan teks lalu menyimpannya dalam memory. Selain pada permukaan yang rata, teknologi ini dapat digunakan pada bidang dengan permukaan bergelombang.

Meski teknologi ini belum memasuki tahap produksi dan dalam penelitian, tapi disebut sebagai tahap demonstrasi. Perusahaan ini berharap dapat menghadirkan versi komersial dari sistem teknologi ini tahun 2014, seperti dilansir dari Mashable, (16/4/2013). (amr; http://techno.okezone.com/read/2013/04/16/324/792461/fujitsu-kembangkan-teknologi-yang-ubah-kertas-jadi-layar-sentuh)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close