Kesehatan

Pengetahuan menghindari stroke

Beberapa sobat saya menderita stroke, salah satunya istri mantan Pengurus P2tel Ada yang diidap beberapa tahun. Berikut mari kita simak bersama penyakit itu : INILAH.COM, Jakarta – Penyakit stroke merupakan penyakit pembuluh darah otak yang ditandai dengan kematian jaringan otak.

 

Hal ini disebabkan adanya penyumbatan, penyempitan, atau pecahnya pembuluh darah keotak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang dan menimbulkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusakan atau mematikan sel sel saraf otak.

 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) terdapat ± 795.000 penderita stroke tiap tahun, dan 130.000an meninggal karena stroke (2010). CDC menyebut salah satu yang bisa terkena stroke karena faktor perilaku. Ada tiga perilaku yang berperan besar mereka stroke

 

Sering merokok

Merokok telah terbukti sebagai penyerang pembuluh darah dan faktor risiko yang lebih berbahaya bagi non-perokok melalui asap rokok. Penelitian yang dipresentasikan di tahun 2011 pada Kongres Stroke Kanada menunjukkan bahwa perokok dua kali berisiko mengalami stroke dibandingkan non-perokok.

 

Salah satu pencegahannya, dengan meningkatkan kesadaran tentang bahaya merokok. Misalnya, seperti yang dilakukan CDC dengan menghabiskan USD54 juta membuat iklan multimedia grafis dalam mencegah perokok muda.

 

Minuman keras

Penggunaan alkohol yang berlebihan menyebabkan potensi meningkatnya tekanan darah dan kolesterol Anda, sehingga meningkatkan risiko Anda mengalami stroke.

 

Jarang olahraga

Tidak ada keajaiban mencegah terjadinya stroke bila Anda tidak ber-OR. Yang yang secara fisik tidak aktif berada pada risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

 

Selain itu berisiko terkena diabetes tipe 2 dan menjadi kelebihan berat badan atau obesitas. Ber-OR bukan solusi mencegah stroke secara keseluruhan, namun setidaknya mengurangi kemungkinan terkena penyakit tersebut. (Arifin Sjah Bandjar; bahan dari mor; http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1999178/hindari-stroke-jangan-lakukan-kebiasaan-ini#.UbvlM5yl2_J)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close