Islam

Keutamaan shaum

Berikut keutamaan Shaum, mudah2an bs menguatkan-memperbaiki niat shaum kita, di antaranya:
1. Orang yg shaum 1 hari akan dijauhkan dari neraka. (karena itu jangan tinggalkan shaum kecuali ada udzur/halangan yg syar’i).
2. Shaum menyebabkan seorang masuk surga.
3. Ganjarannya dilipatgandakan. Dihari pembalasan ada orang yg bangkrut karena amal2 sholihnya seperti sholat, zakat, haji, shodaqoh dsb tidak bisa menutupi kemaksiatan / dosa yg dilakukan. Maka amalan shaum yg akan diberikan oleh Nya menutup dosa2 nya sampaidia masuk surga (lihat 2).
3. Shaum dan Alquran akan menjadi syafaat (penolong) bagi pelakunya di hari pembalasan nanti (syafaat seperti rekomendasi, tanpa rekomendasi dia tdk lolos). Karena itu dlm romadhon isi waktu dg membaca alquran, maka mari kita kejar fadhilah/keutamaan shaum dan membaca alquran ini berpacu dg makin dekatnya ajal kita.
Mumpung tahun ini kita masih diberi kesempatan, insya Allah, saya mengajak rekan2 untuk lebih konsentrasi dlm romadhon ini dengan shaum sebagaimana rasulullah shaum, dengan qiyamul lail sebagaimana RAsulullah qiyamul lail, dan lain2 ibadah yang dicontohkan oleh rasulullah.

 

Rasulullah dan sahabatnya pasti masuk surga maka sudah sepantasnya kita mengikuti tata cara ibadah amaliyah yg dilakukan mereka karena kita pasti ingin masuk surg. Dalam mengikuti jalan ke surge, jika telah jelas dalilnya mari ditegakkan dihadapan.
Masih banyak fadhilah shaum yg lainnya. Syarat dari fadhilah2 ini adalah shaumnya karena iman dan mengharapkan ridho Allah ta’ala tanpa itu shaum kita tak punya nilai apa2. Wallahua’lam.

(Abu Abdul Azia)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close