Kesehatan

Panjang umur dan joging

KOMPAS.com – Inilah salah satu rahasia panjang umur yang relatif mudah dilakukan dan murah. Ya, rutinlah melakukan lari santai atau jogging setidaknya 2-3X seminggu. Menurut hasil kajian ilmuwan, resep sederhana ini dapat memperpanjang usia dan harapan hidup setidaknya hingga enam tahun.

Seperti dilaporkan ilmuwan Denmark, pria-wanita yang jogging rutin mengalami penambahan rata-rata harapan hidup antara 5-6 tahun. Manfaat terbesar dari jogging, kata peneliti, akan diperoleh seseorang bila dengan kecepatan lambat / santai, dan cukup membuat nafas sedikit terengah-engah. Bukannya berlari dengan kecepatan tinggi yang memaksa tubuh bekerja keras.

“Hasil riset kami jelas menjawab jogging itu bermanfaat untuk kesehatan. Kami bisa mengatakan bahwa jogging teratur memperpanjang umur. Kabar baiknya Anda tak perlu melakukan terlalu keras untuk mendapatkan manfaatnya,” ungkap pakar kesehatan jantung Denmark, Dr Peter Schnohr, yang melibatkan 2.000 pria-wanita dalam studinya.

Riset tentang jogging yang dilakukan Schnohr merupakan bagian dari penelitian bertajuk Copenhagen City Heart Study.  Riset ini memantau 20.000 pria dan wanita Denmark berusia 20 hingga 93 tahun sejak  1976.

Tim pimpinan Dr Schnohr meneliti rata-rata tingkat kematian di antara 1.116 pria dan 762 wanita yang rajin melakukan  jogging sekitar 35 tahun. Partisipan juga ditanya berapa lama waktu yang dihabiskan untuk jogging setiap minggu, apakah mereka berlari dengan lamban, sedang atau cepat.

Dibandingkan kelompok yang tak pernah jogging, risiko kematian pria dan wanita yang rutin jogging menurun 44%. Data menunjukkan, dengan mempertimbangkan  faktor usia, jogging dapat meningkatkan harapan hidup pria hingga 6,2 tahun lebih panjang dan pada wanita 5,6 tahun lebih panjang.

Menurut peneliti, idealnya jogging dilakukan 1-2,5 jam dalam satu sesi dengan kecepatan sedang. Dalam seminggu, jogging juga sebaiknya dilakukan antara dua hingga tiga kali. (Thw; http://health.kompas.com/read/2012/05/04/15154475/Rahasia.Panjang.Umur.Berkat.Jogging)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close