Kesehatan

Penduduk dunia menuju obesitas

AS – Studi menunjukkan, selama lebih dari 3 dekade, tak ada negara yang berhasil menurunkan jumlah warganya yang obesitas atau kelebihan berat badan secara signifikan. Kini kira-2, 30% populasi bumi kelebihan berat badan. Artinya, dialami 2,1 miliar orang, dikutip dari Time, (29/5).

Jumlah manusia obesitas meningkat di berbagai negara, dan tidak merata. Demikian kata lembaga yang menggelar riset ini, Institute for Health Metrics and Evaluation AS. Di negara maju, tingkat obesitas lelaki lebih tinggi dari perempuan. Kebalikannya di negara berkembang, lebih banyak perempuan obesitas.

Obesitas adalah indeks massa tubuh 30 atau lebih. Prevalensi anak dan remaja menghadapi masalah kelebihan berat badan dan obesitas melonjak 50% sejak 1980. Ditambah, belum ada negara yang berhasil mengurangi tingkat obesitas warganya selama 30 tahun terakhir.

Kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara memiliki jumlah tertinggi kasus anak obesitas, terutama perempuan. Meski tingkat laju jumlah obesitas terlihat melambat di negara maju, namun di negara berkembang diperkirakan akan terus berkembang.

Saat ini 2/3 total jumlah orang dengan obesitas di dunia berada di negara berkembang. (Penulis: Nadia Felicia/NAD; Sumber:Time; http://www.beritasatu.com/kesehatan/186821-nyaris-sepertiga-penduduk-bumi-mengalami-obesitas.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close