Kesehatan

Tips Mencegah Penyakit Diabetes

Setiap saya ke Poliklinik Yakes pada hari yang berbeda selalu ketemu dengan Diabetasi (penderita Diabet). Diantaranya acuh tidak tahu obat yang dikonsumsi dan atau Ukuran Lab klinis Diabetnya. Juga ada yang tidak mengetahui seluk beluk diabet.  Kalau demikian kapan dia bisa mengendalikan penyakitnya ?
Diabetes merupakan penyakit serius yang kasusnya meroket beberapa tahun terakhir. Jutaan orang di dunia di diagnosis terjangkit penyakit ini karena gaya hidup tidak sehat dan kurang berolahraga. Sebelum terlambat sebaiknya silahkan membaca Tip mencegah diabetes seperti berikut ini.

1. Mengetahui apa itu diabetes
Sebelum mulai tindakan pencegahan diabetes, sangat penting mengetahui apa itu diabetes. Setelah Anda akrab dengan penyakit ini, Anda dapat memulai terapi pencegahan dengan mudah.

2. Tidur nyenyak
Setidaknya 6 jam tidur di malam hari sangat penting untuk mencegah diabetes. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak bisa membuat nafsu makan menggila.

3. Hindari stres
Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan.

4. Sarapan sangat penting
Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.

5. Mengurangi porsi makan
Mengurangi porsi makan setiap hari bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari diabetes.

6. Makan banyak sayuran
Daging itu lezat, namun Anda tidak harus memakan tiap hari, karena dapat menimbulkan risiko diabetes. Perbanyak konsumsi sayuran setiap hari. Kebiasaan ini membantu mencegah diabetes.

7. Olahraga
Dengan ber-OR tiap hari menjaga berat badan sehat, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Jadi, ber-OR tiap hari minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula darah dalam rentang normal.

8. Hindari minuman manis
Soda, minuman ringan atau berperasa dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat, dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

9. Menurunkan berat badan
Berat badan berlebih dapat memperbesar risiko seseorang terkena diabetes. Jadi, pastikan dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap normal.

10. Hindari makanan berlemak
Junk food dan makanan yang biasa Anda beli di jalan umumnya tinggi lemak jenuh dan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Pada gilirannya dapat mempengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh. Jadi, hindari junk food dan makanan berlemak lainnya.

11. Secara rutin mengukur kondisi Diabet, (puasa dan 2 jam pp)

Sebelum terlambat, Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini dan memulai gaya hidup sehat.
(Suhirto M; sumber: pengetahuan.com)

Catatan : Diingatkan kembali bahwa “Hidup Sehat” adalah pilihan-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close