Iptek dan Lingk. Hidup

Kebiasaan Yang Merugikan Kesehatan

Tentunya Anda sudah banyak mengetahui masalah yang diakibatkan dari merokok, mengonsumsi alkohol dan stress. Hal-hal tersebut dapat membuat tubuh rentan penyakit. Namun pedulikah Anda dengan masalah kecil? Hal-hal sepele ternyata juga dapat menggangu sistem yang ada di tubuh.

Berikut 3 hal yang harus dihindari demi menjaga kesehatan:
1. Menunda buang air kecil
Kebiasan manahan pipis bisa menghambat pengeluaran bakteri dari dalam kandung kemih. Air seni yang yang tidak segera dikeluarkan akan menjadi media bagi pertumbuhan kuman dan bakteri. Bakteri dan kuman tersebut bisa menimbulkan infeksi pada kandung kemih.

2. Minum dari botol bekas
Jangan mengisi ulang botol plastik bekas air mineral dan menggunakannya kembali untuk minum. Bahan plastik pembuat botol yaitu polyethylene terephthalate mengandung zat-zat yang bersifat karsinogenik atau penyebab kanker. Botol plastik sebaiknya digunakan tidak lebih dari dua kali, itu pun jika Anda tidak meletakkannya di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung.

3. Menahan bersin
Menurut Dr. Frederic Little, ahli alergi dan imunologi dari Boston Medical Center, menahan bersin dapat memicu sakit kepala akibat timbulnya tekanan di dalam saluran sinus. Selain itu tekanan kuat yang menusuk kembali ke dalam saluran pernapasan juga bisa mengakibatkan kerusakan pada gendang telinga. (Suhirto M; sumber: google)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close