Hobi danKetrampilan

Khasiat durian

DURIAN, si raja buah beraroma tajam yang manis legit dagingnya. Buah tropis berkulit duri yang bisa sangat digemari atau dibenci ini, kaya fitonutrien, antioksidan, protein, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Durian menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi mereka yang menyantapnya. Berikut beberapa di antaranya.

 

1. Meningkatkan kesehatan kulit
Di balik rasanya yang sama sekali tak masam, durian menyimpan kaya kadar Vitamin C. Setiap cangkir durian mengandung 80% nilai harian (DV) vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin ini penting dalam pembentukan kolagen; yakni protein dalam kulit, tulang, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Vitamin C juga membantu mengembangkan resistensi terhadap virus dan radikal bebas.

 

2. Melancarkan sistem pencernaan
Durian kaya zat thiamin/ vitamin B (61%) yang merangsang nafsu makan, serta menghasilkan asam klorida dalam lambung sehingga menyehatkan sistem pencernaan.

 

3. Mengatur kadar gula darah
Kandungan Mangan (39%) dalam durian bisa membantu pengaturan kadar gula darah dan mencegah anemia. Buah ini juga menjadi sumber folat yang baik, yang diperlukan tubuh dalam memproduksi sel-sel darah merah (RBC).

 

4. Membantu melawan depresi
Vitamin B6 adalah nutrisi penting dalam produksi serotonin, zat kimia neorotransmitter yang mempengaruhi suasana hati. Kekurangan vitamin ini dalam tubuh dapat menyebabkan depresi.

Durian disarankan karena memiliki kandungan Vitamin B6 hingga 38% per cangkirnya. Selain itu, tingginya kadar asam amino triptofan dalam durian juga dapat mengurangi kecemasan dan insomnia.

 

5. Menghindari sembelit
Durian kaya serat (37%) dan karbohidrat kompleks yang menyerap air dan mengembang dalam saluran pencernaan; menjadikannya efektif mempercepat proses sekresi.

 

6. Meringankan sakit kepala
Mengunyah durian juga membantu meringankan sakit kepala. Riboflavin atau vitamin B (29%) dalam durian membantu mengobati migrain.

Selain itu durian juga memiliki sejumlah manfaat lain. Antara lain, kandungan Kaliumnya (30%) yang baik untuk tulang, Tembaga (25%) yang bermanfaat dalam penyerapan hormon, Folat (22%) yang baik dalam menjaga kehamilan dan Magnesium (18%) yang bermanfaat untuk mengendurkan saraf dan otot.

 

Makan durian cenderung dikaitkan dengan rasa panas. Hal ini karena metabolisme tubuh meningkat selama proses pencernaan buah kaya kalori ini. Konsumsilah durian dalam jumlah yang tidak berlebihan.

(Linda Putri/CN33; http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2013/01/09/899/Enam-Khasiat-Unik-Buah-Durian)

 

Catatan : Makanlah seperlunya (sekedar mencicipi), karena ada resiko memperparah bagi pengidap  Diabet dan kipertensi-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close