Hobi danKetrampilan

Loji gandrung

Sebuah bangunan klasik bergaya Eropa di tepi Jl, Slamet Riyadi, Solo. Rumah dinas Walikota Solo ini, awalnya merupakan rumah mewah milik pengusaha perkebunan asal Belanda, Yohanes Agustinus Dezentye, yang dibangun sekitar 1823. Saat itu Kasunanan Surakarta dipimpin Paku Buwono IV.

Yohanes kerap mengadakan pesta-pesta ala Eropa di rumahnya ini. Selain orang Belanda, sejumlah kerabat Keraton ikut diundang. Diiringi alunan musik, para tamu biasa berdansa di ruang tengah, hingga akhirnya masyarakat setempat menyebut rumah mewah tersebut sebagai Loji Gandrung. Dulu, (Loji Gandrung) ini dipakai Londo (Belanda) untuk dansa-dansi.

Kisah mistis tak lepas dari bangunan tua itu. Terutama terkait sebuah kamar di bagian depan yang tidak pernah dipakai. “Kamar ini namanya kamar Bung Karno, karena Presiden RI pertama itu beberapa kali pernah menempatinya… Jokowi yg selama hampir dua periode menjadi Wali Kota Solo, sama sekali nggak berani tidur di kamar Bung Karno ini.

Kini bangunan itu dihuni Fx Hadi Rudyatmo (panggilan akrabnya Rudy) yang kini menggantikan Jokowi sbg walikota Solo. Saat tidur di kamar itu, Rudy mengaku sering melihat sepasang sandal jepit di depan pintu kamar mandi bergerak sendiri.

 

Kadang dari luar kamar terdengar di westafel seperti keluar air, padahal tak ada orang. Bila malam hari tiba, terkadang terdengar bunyi piano sedang dimainkan oleh seseorang. Padahal, lagi-lagi, tidak seorang pun di kamar tsb. (Arifin Syah Banjar)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close