Wisata dan Kuliner

Mengenal beragam rujak

Rujak adalah makanan tradisional yang terbuat dari campuran berbagai sayuran / buah dan dibubuhi bumbu atau kuah. Rujak biasanya di jadikan jajanan pasar yang nikmat saat di santap di siang hari. Berikut ini 12 Jenis Rujak di Indonesia. Simak informasi berikut ini.

1. Rujak Cingur
Rujak cingur,  salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di Jawa Timur, terutama asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata “cingur” berarti “mulut”, hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan.

 

Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah : Ketimun, krai (ketimun khas Jatim), bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang.

 

Semua bahan dicampur saus / bumbu terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis pisang biji hijau muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur (diuleg), itu sebabnya rujak cingur disebut rujak uleg.

2.Rujak Gobet / Beubeuk
Rujak Gobet adalah salah satu makanan tradisional Jawa (Malang). Rujak ini biasanya di sajikan pada acara Telonan atau Tingkepan wanita yang sedang hamil. Rujak ini terdiri dari beraneka ragam buah, seperti bengkowang, nanas, pencit, blimbing, jambu, babal (nangka muda), asem dan masih banyak lagi lainya.

 

Jadi, rasa RUJAK GOBET ini nano-nano, karena di aduk dan dicampur menjadi satu. Suguhan Rujak Gobet menjadi menarik, enak, karena menyatukan beragam buah yang berbeda rasa, warna, serta asalnya. Rasa rujak ini begitu nikmat, baunya mengoda setiap orang mendekat.

3. Rujak Manis
Rujak manis adalah semacam salad. Terbuat dari buah segar dengan saos manis pedas. Buah yang dipakai : mangga muda, bengkuang, salak, pepaya yang hampir matang, kedondong, jambu, mentimun, belimbing, dan lain-lain.

 

Saus yang dipakai terbuat dari gula jawa, kacang tanah, asam, garam, jeruk nipis, dan cabai.
Cara penyajianya sebagai berikut Buah dikupas, dicuci lalu diiris tipis-tipis. Bahan untuk saos dihaluskan lalu diberi sedikit air agar kental. Saos kemudian disiramkan ke atas buah-buahan sebelum disantap.

4.Rujak Petis
Rujak petis adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah timur pulau Jawa. Rujak petis biasanya terdiri dari irisan timun, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah/ tauge, dan kangkung.

 

Semua bahan tadi disajikan dengan siraman resep saus atau bumbu terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda, dan air.
Di daerah Jatim, selain petis untuk bumbu Rujaks, ada juga yang menggunakan petis Madura yang berwarna kemerahan. Rujak petis disajikan ditambah kerupuk, alas pincuk (daun pisang) atau piring.

5. Rujak Soto
Rujak Soto adalah masakan khas dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Masakan ini merupakan paduan unik antara Rujak Cingur dengan Soto Babat.
Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut babatnya. Rasanya juga khas, ada unsur soto. sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya. Rujak Soto kadang disajikan dengan Es Temulawak.

6.Rujak Kuah Pindang Bali
Rujak berkuah ini disajikan dengan isian buah-buahan, seperti mangga muda, pepaya muda, jeruk Bali, dan kedondong. Dalam penyajiannya, buah harus dipotong tipis-tipis agar kuah dapat meresap. Kuah rujak ini terbuat dari rebusan kepala ikan.

 

Jadi, tak usah heran jika baunya agak amis. Meski terkesan amis dan bau, rujak kuah pindang memiliki rasa yang beda. Percaya atau tidak, setelah mencobanya Anda pasti langsung ketagihan.

7. Rujak Terasi Lombok
Dari penampakan nya rujak ini tidak berbeda dari rujak pada umum nya, beberapa macam buah-buahan segar di parut , lalu diatasnya di siram larutan gula merah kental dan terakhir disiram lagi dengan kuah merah yang terbuat dari cabe rawit dan terasi.

 

Si kuah merah ini yang menjadikan rujak terasa istimewa, rasa pedas dan aroma udang dari terasi lombok yang khas langsung menyeruak ketika kita menikmati segarnya rujak, sensasional

8.Rujak Bakso Madura
Bakso rujak paling mantap disantap selagi hangat. Jangan biarkan kuah menjadi dingin kala menyantapnya. Bila kuah tak lagi panas, lemak di dalamnya akan menjadi gajih yang melengket pada rongga mulut.

 

Sensasi pedas langsung menyergap ke dalam mulut. Ketika lontong tergigit, tak perlu banyak tenaga untuk menghancurkannya. Sebab, olahan nasi itu begitu lembut, tidak kaku seperti lontong sate. Untuk kuah bakso yang bercampur dengan bumbu kacang kental, teksturnya nyaris seperti bubur. Ada rasa gurih pliket dalam cairan itu.

9.Rujak Es Krim Jogja
Di Jogja ada beberapa penjual rujak ice cream, yang terkenal-rasanya nikmat yang berada di halaman Istana Pakualaman.Orang luar Jogja atau yang belum lama tinggal di Jogja, untuk mencapai tempat ini tidak sulit. Datang ke Jalan Kusumanegara, di sebelah utara jalan ada istana yang asri, di di halamannya itulah tempatnya ice cream yang “naknan” itu.
Rujak ice cream halaman Istana Pakualaman itu terdiri dari irisan kecil-kecil beberapa buah di antaranya jambu air, nanas, mentimun, kedondong, pepaya, kemudian dicampur bumbu rujak dan diberi ice cream. Pembeli bisa memesan bumbu rujak yang pedas atau yang manis.

10.Rujak Mie Palembang
Rujak mie adalah cara menikmati pempek yg menurutku paling segerr. Cocok untuk makanan selingan setelah banyak menyantap hidangan serba santan, serba minyak dan serba lemak maupun serba daging2an yang biasa pada hari raya atau pesta2.
Rasa kuah cukonya yang asam manis pedas ditabrak dengan kesegaran taoge dan timun, sensasi mie, soun dan tahu goreng yang dihajar oleh gurih dan kenyalnya pempek bertabur ebi halus.

11.Rujak Kecut Banyuwangi
Rujak kecut tidak usah nunggu satu jam kalau mau dimakan. Tidak seperti asinan. Dari segi buatnya juga tidak begitu heboh. Tinggal uleg bumbu campuran lombok, terasi, gula jawa, dikasih asem atau cuka terus tinggal dicacahin buah-buahan.Mantap dah.Apalagi makannya di pinggir laut atau di sawah…..

12. Rujak Aceh
Rujak Aceh, makanan khas daerah Aceh ini mempunyai citarasa asam, pedas namun manis.
Indonesia memang kaya makanan khas! (Suhirto M)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close