Iptek dan Lingk. Hidup

Asal muasal HP

Telepon seluler (ponsel) sudah sejak lama menemani hari-hari para penggunanya untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi. Namun, tahukah Anda bagaimana asal usul dan siapa penemu ponsel tersebut?

Martin Cooper, karyawan Motorola pengembang perangkat ponsel pada 3/4/1973. Bersama mimpinya yang ingin menghadirkan alat komunikasi ukuran kecil-mudah dibawa, Cooper bersama timnya menghadapi tantangan memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil itu.

Akhirny, mimpi itu nyata. Ponsel seberat 2 Kg. Motorola DynaTAC menjadi tonggak kelahiran ponsel. DynaTAC berukuran 9 inci, terdiri dari 30 papan sirkuit dan dapat melakukan panggilan kurang dari 30 menit dengan melakukan pengisian daya 10 jam. Agar dapat diproduksi, Motorola kala itu harus merogoh kocek hingga USD1 juta.

“Model ponsel pertama kala itu berbobot lebih dari satu kilogram. Anda hanya dapat melakukan panggilan telefon selama 20 menit sebelum baterai habis. Anda juga tidak dapat memegang ponsel itu dalam waktu yang lama,” ujar Cooper sebagaimana dikutip dari The Telegraph.

Martin Cooper memasuki dunia kerja pertama dengan memasuki jajaran Reserve Officer Training Corps Angkatan Laut (AL) di USA. Pria yang mengantongi gelar sarjana di bidang Electrical Engineering pada 1950 ini bertugas di sebuah kapal perusak AL AS selama Perang Korea berlangsung.

Tak lama setelah perang usai, Cooper banting setir ke Teletype, sebuah anak perusahaan dari Western Electric. Di sinilah, ia mulai menyelami seluk beluk dunia telekomunikasi.

Kemudian pindah ke Motorola 1954. Dengan gigih sembari bekerja, Cooper meneruskan studi ke jenjang S-2 malam harinya. Akhirnya, lelaki yang lahir 28/12/1958 di Chicago, Illinois, AS ini berhasil menyabet gelar Magister dalam bidang rekayasa elektronika dari Illinois Institute of Technology pada 1957.

Berbekal ilmu pengetahuan yang mumpuni, ia perlahan mengubah lembaran teknologi informasi yang sebelumnya terbatas untuk digunakan dalam satu bangunan tunggal menjadi semakin luas. Cooper berperan membantu memperbaiki cacat dalam kristal Motorola yang dibuat untuk radio 1960.

Di tahun yang sama, John F. Mitchell kepala insinyur proyek telekomunikasi portable Motorola memberinya tanggung jawab untuk ditugaskan di divisi telefon mobil (Carphone). Alasannya Mitchell dan Cooper kala itu membayangkan sebuah perangkat komunikasi yang tidak hanya terpaku di dalam mobil, tetapi dapat dibawa kemana.

Setelah 90 hari pengerjaan, Cooper dan timnya serta Mitchell akhirnya mematenkan penemuan “Radio Telephone System” pada 17 Oktober 1973 dengan nomor paten 3906166 yang kemudian disetujui pada September 1975 atas nama mereka.

Cooper orang pertama yang berhasil melakukan penggilan telefon melalui ponsel. Tak ingin melewatkan peristiwa bersejarah ini, wartawan dan banyak orang lalu lalang di jalanan kota New York, AS menyaksikan panggilan pertamanya itu yang ditujukan kepada Dr. Joel S. Engel, kepala riset Bell Labs.

“Joel, aku menelefonmu dari telefon seluler yang ‘sesungguhnya’. Telefon genggam yang bisa dibawa kemana saja,” begitu bunyi kalimat pertama yang Cooper ucapkan di ujung telefon.

Panggilan ini menandakan awal perkembangan fundamental dunia teknologi. Era yang memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi langsung dengan orang lain kapan pun dan di mana pun ia berada. (amr; http://techno.okezone.com/read/2013/07/15/363/837018/tahukah-anda-asal-muasal-penemu-ponsel-hp) -FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close