Hobi danKetrampilanSelingan

Pohon tumbuh terbalik

GarisCerdas.com – Baobab, Pohon Ajaib Tumbuh Terbalik. Baobab (disebut Adansonia digitata) adalah pohon unik-langka yang tumbuh di daerah dataran rendah di Afrika dan Australia. Baobab dinamai pohon terbalik karena ranting pohon unik itu tidak berdaun, cabang-cabang Baobab terlihat seperti akar yang mencuat ke udara, seolah ditanam terbalik.

 

Konon dewa Thora merasa tidak suka Baobab tumbuh di kebunnya, melempar pohon itu dari surga ke bumi. Meski pohon itu mendarat dengan posisi terbalik, pohon unik Baobab masih terus tumbuh. Bahwa ketika pohon Baobab ditanam oleh Dewa, pohon paling aneh di dunia itu terus berjalan, sehingga Tuhan mencabutnya dan menanamnya terbalik untuk membuatnya berhenti bergerak.

 

Baobab tumbuh mencapai ketinggian 5-30 Mt dan berdiameter batang 7-11 Mt. Pohon Baobab memiliki keliling 47 Mt dengan diameter diperkirakan sekitar 15,9 Mt. Hebatnya Baobab terkenal sebagai pohon ter-unik di dunia yang hidup ribuan tahun. Penduduk Afrika sangat menghormati Baobab karena telah memberi kehidupan pada mereka.

 

Baobab selain menjadi sumber penghasil kayu, batang Baobab sering dilubangi oleh penduduk untuk digunakan sebagai tempat tinggal, tempat penyimpanan biji-bijian atau waduk air. Lubang pada batang Baobab juga sering dimanfaatkan sebagai situs pemakaman.

 

Kulit pohon Baobab mengandung serat digunakan untuk membuat jaring ikan, tali, karung dan pakaian. Kulit pohon langka itu juga bisa ditumbuk menjadi bubuk untuk penyedap makanan. Secara tradisional, daun Baobab bahkan kerap digunakan untuk ragi dan sayuran.

 

Buah dan biji dari Baobab dikonsumsi penduduk setempat dan hewan ternak. Daging buah Baobab, ketika dikeringkan dan dicampur dengan air, bisa dibuat minuman yang rasanya mirip dengan limun. [Ohio State University; http://www.gariscerdas.com/2013/05/pohon-paling-unik-aneh-ajaib-yang-tumbuh-terbalik.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close