Psikologi

Berpenyakit sendi tapi terkuat

Inggris, Laresce Browne menderita gangguan sendi yang seharusnya membuat tubuhnya sulit bergerak. Bukannya larut dalam penderitaan, remaja berparas cantik ini justru menjadikan penyakitnya sebagai pendorong dan berhasil meraih gelar remaja putri terkuat di Inggris.

Sejak lahir, jari kaki dan lutut Laresce Browne (16) tumbuh ke dalam dan dokter mendiagnosis adanya metatarsus varus, umumnya dikenal sebagai pigeon toe atau kaki merpati.

Laresce juga didiagnosis dengan hypermobility syndrome, yang berarti sendinya memiliki rentang gerakan yang lebih besar dari biasanya. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri sendi yang parah dan berisiko besar mengalami dislokasi sendi.

“Rasa sakit akan terasa begitu parah hingga beberapa makan saya tidak bisa tidur sama sekali, juga tidak bisa pergi ke sekolah. Setelah hampir dislokasi pinggul, saya harus melakukan enam bulan fisioterapi untuk pemulihan,” tutur Laresce Browne, seperti dilansir Daily Mail, Minggu (8/12/2013).

Tapi remaja asal Eccles, Manchester, Inggris ini tak mau menyerah dan membiarkan penyakit membatasi hidupnya. Ia malah memutuskan mencoba olahraga angkat besi setelah terinspirasi saat melihat sang ayah, Adam (39), berlaga.

Usahanya ternyata membuahnya hasil. Laresce berhasil menyabet enam medali dalam British and World Champion powerlifting, tidak sampai dua tahun semenjak tubuhnya mengalami hypermobility syndrome yang seharusnya membuat Laresce tak mampu melakukan olahraga.

Kini Laresce bahkan memegang rekor Inggris untuk deadlifting lebih dari dua kali berat badan sendiri setelah mengangkat beban 105 kg, padahal berat badannya sendiri hanya 50 kg.

“Ini adalah rahasia keberhasilannya. Dia memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam punggungnya. Kebanyakan powerlifter akan terbunuh untuk dapat membentuk tindakan lengkungan seperti Laresce,” ujar pelatihnya, Tania George (43).

Menurut Tania, karena Laresce telah menyempurnakan teknik lentur punggungnya, tubuhnya menjadi kuat dan aman untuk mengangkat beban yang sangat berat.

(mer/up; http://health.detik.com/read/2013/12/08/155813/2435687/1202/gadis-cantik-ini-jadi-remaja-terkuat-meski-punya-gangguan-sendi?l992203755)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close