Psikologi

Mario Teguh vs Bob Sadino

Bob Sadino: “Mau kaya? berhentilah sekolah atau berhentilah kuliah sekarang juga, and start action, karena ilmu di lapangan lebih penting daripada ilmu di sekolahan atau kuliahan.”
— vs —
Mario Teguh: “Berhati-hatilah dengan yang membanggakan keberhasilan walau dia berpendidikan rendah. Itu tidak boleh dijadikan dalil. Pendidikan itu penting.

 

Buktinya, dengan pendidikan yang sedikit saja, dia bisa berhasil, apalagi jika dia terdidik dengan lebih baik. Bukankah kita dianjurkan untuk menuntut ilmu sampai ke negeri Cina? Dengan ilmu, segala sesuatu bisa mencapai kualitas tertingginya.” (Suhirto M)-FR

 

Catatan : Yuk kita dalami manfaat pendidikan :

Manfaat Melatih Kecerdasan Anak Sejak Dini (gelumbang.com). Pendidikan merupakan aset penting untuk kemajuan bangsa. Karena itu, setiap warga negara wajib untuk mengikuti jenjang pendidikan mulai dari pendidikan anak usida dini (PAUD), pendidikan di SD, hingga perguruan tinggi.

 

Kecerdasan anak bisa distimulasi dan diasah sejak dini. Karena itu selagi masih ada kesempatan, sebagai Ortu kita harus semaksimal mungkin membantu mengasah potensi yang dimiliki. Usia emas anak adalah pada usia 3 tahun. Pada usia ini anak mampu menyerap informasi  yang diperoleh sebanyak-banyaknya.

 

Setiap anak dilahirkan dengan bakat dan kelebihan masing-masing. Tidak ada anak yang bodoh, namun Ortulah yang seringkali kurang mampu mengintensifkan dan menstimulasi kecerdasan anak sehingga rasa ingin tahu dan kepercayaan dirinya kurang terasah.

 

Anak akan cerdas sesuai umur dan kemampuan. Para ortu harus lebih rajin dan peka memberikan hal baru untuk si kecil agar membuat otak anak dapat mengetahui lebih banyak hal. Jika ingin mencoba mengembangkan kecerdasan buah hati sejak kecil, berikut ini tips yang dapat diterapkan :

 

a.Buat Anak Percaya Diri

Buatlah si kecil selalu percaya diri dan optimis bahwa ia bisa melakukan sesuatu. Anak memiliki rasa percaya diri ketia ia memiliki banyak pengalaman keberhasilan dan berhasil memenuhi kebutuhannya sendiri. Anda dapat melibatkan anak dalam berbagai kegiatan berkelompok seperti kesenian, kegiatan olahraga, kelas memasak, dll.

 

b.Buat Anak Suka Membaca

Banyak yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, kita bisa mengetahui banyak hal. Oleh sebab itu, biasakan si kecil untuk gemar membaca sejak kecil. Kebiasaan memeca ini akan membuat anak memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar. Jika si kecil memiliki rasa ingin tahu yang besar, maka ia pun akan mempelajari berbagai hal dan bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru.

 

c.Selalu Berkomunikasi Dengan Anak

Sebagai orang tua, penting untuk selalu membangun keterbukaan dan komunikasi dengan anak. Di usianya yang masih kecil, anak masih memerlukan banyak arahan sehingga eksplorasinya lebih terarah dan membantu meluruskan pemahaman terhadap suatu kejadian atau informasi. Ketika anak dan orangtua memiliki komunikasi yang terbuka, anak pasti akan merasa nyaman untuk bercerita dan bertanya apa saja pada orangtuanya. (http://gelumbang.com/165/pendidikan/manfaat-melatih-kecerdasan-anak-sejak-dini.htm)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close