Iptek dan Lingk. Hidup

Dua centang “Pesan belum dibaca”

Jakarta – Pernahkah Anda berpikir bahwa tanda centang dua pada WhatsApp, sama artinya dengan tanda R di aplikasi Blackberry Messenger (BBM)? Jika iya, maka Anda bisa jadi termasuk satu dari banyak orang yang salah kaprah.

 

Tanda centang dua di WhatsApp tidaklah berarti bahwa pesan sudah dibaca oleh lawan komunikasi. Hal ini dijelaskan di halaman FAQ situs resmi WhatsApp, pada bagian pertanyaan “What are those check marks next to my message?” (apa arti tanda centang di sebelah pesan saya?).

 

Dijelaskan, tanda centang satu berarti pesan sudah berhasil terkirim ke server. Sementara tanda centang dua berarti bahwa pesan sudah terkirim ke lawan mengobrol. Pihak WhatsApp dengan sangat jelas memberi catatan tebal, bahwa tanda centang dua bukan berarti pesan sudah dibaca, (melainkan) hanya telah terkirim.

 

Sementara dalam obrolan grup, pengguna hanya akan melihat tanda centang satu.

Dari keterangan yang terpampang di situs resminya itu, terlihat bahwa WhatsApp tidak menyembunyikan, namun justru mengakui kelemahannya. Dalam fitur ini, WhatsApp memang bisa dikatakan tertinggal jika dibandingkan pesaingnya, semisal LINE dan BBM.

 

Pada BBM, pesan terbaca ditandai dengan R, sedangkan di LINE ditandai dengan “Read”. Jika dalam obrolan grup, akan muncul tanda “Read by 2/3/4” (tergantung berapa orang yang sudah membaca pesan). Namun pada beberapa perangkat, tanda “Read” bisa berarti lawan mengobrol sudah menerima pemberitahuan pesan masuk, tapi belum membacanya.

 

(Penulis: Shesar Andriawan/SIT; Sumber:WhatsApp, LINE;

http://www.beritasatu.com/iptek/158229-tanda-centang-dua-whatsapp-bukan-berarti-pesan-sudah-dibaca.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close