Iptek dan Lingk. Hidup

Plus-min lampu LED

Lampu LED atau Light Emitting Diode kini populer dan banyak digunakan walaupun teknologi ini masih tergolong baru. Bahkan bisa dikatakan lampu LED pada saat ini sudah mulai mendapat perhatian masyarakan dikarenakan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan lampu jenis lainnya.

 

Keunggulan : hemat biaya listrik dan lebih ramah lingkungan serta lebih awet jadi kelebihan lampu LED yang menyebabkan lampu ini mulai dilirik. LED ditemukan sejak lama, hanya kini seiring perkembangan teknologi, lampu LED bermanfaat lebih baik dan dapat diproduksi dengan biaya lebih murah.

 

Ketika anda menggunakan perangkat seperti TV, komputer, speaker, dan aneka perabot elektronik lain yang berlampu kecil yang akan menyala sebagai tanda perangkat itu dalam posisi on, lampu kecil itu adalan light emitting diode (LED). LED merupakan semikonduktor yang mengubah energy listrik menjadi cahaya pada saat dilewati oleh arus listrik.

 

LED merupakan perangkat padat-keras sehingga berdaya tahan lama. Selain itu LED menggunakan konsumsi daya rendah dan usia lebih dari 50 ribu jam. Menurut prediksi, dengan makin murahnya biaya produksi lampu LED, di tahun 2013 lampu tradisional lain akan ditinggalkan dan kebanyakan mulai beralih menggunakan LED.

 

Berikut merupakan kelebihan lampu LED :

  • Mempunyai umur penggunaan yang lebih lama dibanding lampu biasa. LED bisa mencapai keawetan hingga 30 ribu jam.
  • Mempunyai efisiensi energy hingga 80-90 persen. Jauh lebih baik dibanding lampu lainnya. Selain itu LED juga hanya memerlukan tegangan listrik yang rendah.
  • Cahaya yang dihasilkan lampu LED tidak panas. LED tidak memproduksi sinar UV dan energy panas.
  • Cahaya yang dihasilkan lampu LED juga tidak mendistorsi warna sekitar, sehingga lebih aman digunakan untuk penerangan jalan.
  • Ukuran yang lebih kecil sehingga dapat diaplikasikan dengan lebih praktis.
  • Tidak mengandung merkuri sehingga lebih ramah lingkungan.
  • Dengan lensa optik yang sesuai, cahaya lampu LED dapat diarahkan sesuai keinginan

 

Selain keunggulan dan kelebihan lampu LED diatas, lampu LED juga mempunyai kekurangan dimana membuat orang sedikit berpikir untuk membelinya. Berikut kekurangan lampu LED :

  • Harga lampu LED masih tergolong mahal
  • Suhu lingkungan dapat mempengaruhi umur lampu LED
  • Intensitas cahaya yang termasuk kecil.

 

Walaupun mempunyai beberapa kekurangan, namun jika melihat dan mempertimbangkan kelebihan dan keunggulan LED tersebut membuat LED memang layak untuk dipertimbangkan. Bahkan sebagian besar perusahaan sudah mulai mengganti lampu mereka dengan lampu LED.

 

Hal ini dikarenakan efisiensi LED yang lebih menguntungkan dari sisi penggunaan listrik. Sebaga perbandingan, lampu LED 8 watt akan lebih terang dibandingkan lampu biasa atau lampu TL dengan daya 20 watt. (http://www.rajalampu.com/plus-minus-lampu-led/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close