YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Cairan Tubuh

Unsur penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh. Cairan sangat vital mengingat ia diperlukan untuk mengangkut makanan ke seluruh tubuh berrupa darah. Lebih dari 70% darah kita terdiri atas cairan yang harus beredar dari ujung kaki hingga ujung kepala. Berapa banyak yang diperlukan setiap harinya?

Sebetulnya tidak ada rumusan yang pasti. Dan agak sulit pula bagi kita untuk menghitung sudah berapa banyak cairan yang telah kita komsumsi, mengingat cairan juga terdapat pada makanan lainnya seperti sayur dan buah yang kita makan.

Anjuran yang berlaku umum selama ini adalah delapan gelas sehari. Ada pula anjuran minum sebanyak cairan yang dikeluarkan melalui proses metabolisme, yaitu sekitar 2,4 liter. Sementara itu, ada pula rumus lain mengenai kebutuhan cairan, yaitu 30 cc per kilogram berat badan.

Jika berat badan seseorang 55 kilogram, cairan yang diperlukan setiap harinya adalah 1,65 liter. Mana yang dapat kita jadikan panduan? Ada pula yang merumuskan 1/30 berat badan dalam satuan liter.

Terserah pilihan anda. Yang penting jangan abaikan rasa haus, karena itu merupakan sinyal dari tubuh yang telah kekurangan cairan. Bagi yang hidupnya aktif, berolahraga secara intensif dan banyak mengeluarkan keringat, bila perlu manfaatkan minuman isotonik bervitamin. (Sumber: Gaya hidup sehat no.563 dan http://www.yakestelkom.or.id)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close