Iptek dan Lingk. Hidup

Mendapat Gourmand World cook-book

Beijing – Indonesia berhasil dapat 3 penghargaan terbaik buku kuliner “Gourmand Awards” rangkaian ajang ke-19 penghargaan “Gourmand World Cookbook”, di Beijing, Tiongkok, 20-21/05/2014. Penghargaan pertama diraih pakar kuliner Bondan Winarno, juara pertama melalui buku resepnya “100 Makanan Tradisional Indonesia, Mak Nyus”.

Di malam pertama penghargaan itu, Selasa (20/5), Bondan melalui bukunya itu menjadi juara pertama, menyisihkan 5 finalis lain, untuk kategori buku resep bertema makanan kaki lima atau “street food”.

Pada malam kedua Rabu, Indonesia mendapat penghargaan khusus (special award) yang diberikan kepada Reno Andam Suri dengan buku karyanya berjudul “Rendang, Minang Legacy to The World”.

Penghargaan ini diterima Reno Andam Suri merupakan yang kedua kali bagi Indonesia. Sebelumnya pada 2008, Indonesia mendapat penghargaan serupa yang diberikan kepada Yohan Handoyo, melalui bukunya berjudul “Secret of Wine”.

Penghargaan terbaik “Gourmand Awards” lainnya diberikan kepada kepada Indonesia yakni Dr Samuel Oetoro, Erwin dan Jana Parengkuan dengan judul buku “Smart Eating” yang menduduki tempat kedua dari delapan finalis untuk kategori “Lifestyle, Body and Soul” dengan sub-kategori “health”.

Ajang penghargaan bagi penerbit-penulis buku-jurnalis-pegiat kuliner, kali ini diikuti 187 negara. Jumlah itu disaring jadi 43 negara, karya terbaik untuk 102 kategori. Penghargaan “Gourmand Awards” kali pertama digelar 1995 di Frankfurt, Jerman. Hingga kini Indonesia baru mengirim karyanya 2008 dan 2014.

“Penghargaan internasional ini merupakan titik tolak untuk lebih percaya diri, bahwa kuliner Indonesia dihargai dunia,” kata penikmat makanan Bondan Winarno. Senada dengan Bondan, Reno Andam Suri mengatakan bangsa Indonesia haruslah berbangga bahwa kulinernya diapresiasi dunia.

“Melalui penghargaan ini saya ingin lebih membawa khazanah kuliner Indonesia dalam bentuk tulisan, bukan hanya resep, tetapi kisah, filosofi serta sejarah yang terkandung dalam makanan kebanggaan mereka, masyarakat Indonesia dan internasional,” katanya.

(Penulis: /NAD; Sumber:Antara; http://www.beritasatu.com/kuliner/185465-indonesia-raih-penghargaan-di-ajang-buku-kuliner-terbaik-internasional.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close