Iptek dan Lingk. Hidup

Akan beredar uang NKRI

Liputan6.com-Masyarakat akan memiliki desain baru mata uang rupiah, yakni uang NKRI. Direncanakan uang ini diluncurkan pada Senin (18/8/2014). Direktur Departemen Komunikasi BI Pieter Yakobs mengatakan uang ini diluncurkan seiring perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69, 17/08/14.

“Iya uang baru, mulai diedarkan pada 18 agustus,” jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (12/8/2014). Namun Peter enggan merinci bentuk, pecahan maupun ciri khas dari uang yang akan menjadi alat penukaran di tanah air ini.

Bank Indonesia, kata dia, akan menerbitkan keterangan pers pada 14 atau 15 agustus yang akan menjelaskan detail tentang uang baru NKRI ini. “Di situ akan dijelaskan ciri khas, nilai awal,” tambah dia.

Sebelumnya, BI mencetak puluhan juta lembar uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Deputi Gubernur BI, Ronald Waas mengungkapkan, persiapan menerbitkan uang NKRI selesai. “Nyetaknya sudah lama, karena waktu yang dibutuhkan puluhan juta lembar dan bertahap,” tutur dia.

Menurutnya, BI telah mempersiapkan segala sesuatunya terkait penerbitan uang NKRI, mulai dari desain sampai pendistribusian. Namun, saat ini Ronald belum bisa mengungkapkan secara panjang lebar mengenai rinciannya.

Alasannya, penerbitan uang anyar perlu dibarengi keluarnya PBI yang jadi landasannya. “Nanti kami akan terbitkan PBI yang mengatur lebih detailnya,” ujar dia. Untuk diketahui penerbitan uang NKRI ini untuk melaksanakan amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang.

Seusai UU, uang NKRI terdapat gambar lambang Garuda Pancasila, frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tanda tangan pihak pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan dan Bank Indonesia. (Yong Sidharta; bahan dari Credits: Nurmayanti; http://bisnis.liputan6.com/read/2089769/uang-nkri-baru-resmi-beredar-pada-18-agustus)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close