Iptek dan Lingk. Hidup

Binatang tak diharap-Tikus (c)

Perkembangan hewan mamalia ini cepat. Seekor tikus betina dapat melahirkan 12 anak tiap 3 minggu. Berarti dalam 1 tahun lahir sekitar 200 bayi tikus. Tikus merupakan binatang pembawa penyakit pes, salmonellosis, rabies, leptospirosis, trikhinosis, demam lassa, dan meningtis.

Selain itu, kotoran, air liur dan urine (air kencing) tikus berbahaya karena mengandung hantavirus yang berbahaya bagi kesehatan. Tikus juga merupakan hewan perusak, karena sering menggigiti kabel atau perabot dan mencuri makanan.

Cara membasmi tikus dapat menggunakan jebakan, racun tikus atau pengusir elektronik. Untuk cara alami, Anda dapat memanfaatkan buah mengkudu. Potong buah mengkudu kecil-kecil dan tebarkan pada area yang sering dilalui tikus. Cara ini dapat mengusir tikus dari rumah.

Jika mengkudu membusuk, ganti kembali dengan buah yang masih segar. Tikus biasanya akan menandai daerah yang dilewatinya dengan air kencing dan akan melewati lintasan yang sama. Hal pertama untuk mengusir binatang pengganggu yang ada di rumah ini tentu dengan menjaga kebersihan rumah.

Karena sisa makanan atau minuman yang tercecer atau berada di sudut sering terlewatkan sehingga memancing kehadiran hama pengganggu ini. Tamat (http://kumpulan.info/rumah/tips-rumah/510-membasmi-lalat-kecoa-tikus-dari-dapur.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close