Wisata dan Kuliner

6-Danau Atas-Bawah yang indah

Jakarta – Indahan Sumatera Barat menghampar gunung sampai pantai. Di tengah itu ada danau cantik bak lukisan Maha karya. Sumbar adalah lukisan alam sempurna. Ada 3 danau cantik berudara sejuk, disekitar bukit hijau, dan permukaan air seperti cermin. Tiga danau yang menawan ini disusun oleh detikTravel:

1. Danau Singkarak
Danau Singkarak adalah primadona di Sumbar. Danau terbesar ke-2 di Sumatera setelah D-Toba ini tersohor sebagai pusat aktivitas lomba balap sepeda internasional, Tour de Singkarak. Wisatawan asing pasti mengenalnya. Danau ini berada di dua kabupaten, yaitu Solok dan Tanah Datar.

 

Danau seluas 1.000 hektar ini permukaan airnya tenang dan membawa suasana damai. Datanglah ke Danau Singkarak dan nikmatilah suasana asyik dengan berjalan di pinggirnya. Hamparan air yang biru terlihat sepanjang mata memandang dan memantulkan rona langit yang menawan hati.

Cobalah sewalah perahu Rp 100.000. Lantas, arungilah danau ini sepuas hati. Jangan lupa dengan kamera, karena Danau Singkarak terlalu sayang dilewatkan keindahannya begitu saja. Danau ini punya ikan khas yaitu ikan bilih. Cicipilah masakan ikan bilih. Ikan kecil ini garing dan renyah, menggugah selera

  1. Danau Maninjau
    Presiden Soekarno pernah berkata, “Jangan datang ke Ranah Minang, kalau tak mampir ke Maninjau”. Kecantikan Danau Maninjau di Kecamatan Tanjung Raya, Kab-Agam, Provinsi Sumbar, tiada duanya. Ketinggian 500 mdpl, udara di sekitar Danau Maninjau sejuk.

 

egunungan dan hutan hijau menghampar di sekitar danaunya dan menambah indah pemandangan. Danau Maninjau dapat dinikmati gratis. Nikmatilah pesona Danau ini yang tenang. Para wisatawan biasanya berfoto dengan latar Danau Maninjau untuk mengabadikan di danau cantik ini.

Di sekitar danau terdapat beberapa cottage dan resor. Dengan kisaran harga ratusan ribu rupiah, Anda dapat berlama-lama menetap di dekat danau tersebut.

3. Danau Kembar
Danau Kembar ini unik di Sumbar. Danau ini terdiri dari dua yang beda letaknya, yaitu Danau di Atas dan Danau di Bawah. Kedua danau ini pesona nya sama cantik. Danau Kembar terletak di dekat Alahan Panjang, Kab-Solok, Sumbar.

 

Perjalanan ke sana tidak mudah. Traveler harus melewati jalan yang menanjak curam dan tikungan tajam. Jangan kuatir, udara segar, pemandangan sawah, dan perbukitan yang hijau akan mempesona Anda sepanjang perjalanan sampai tiba di Danau Kembar.

Pertama, melewati dulu Danau di Bawah. Danau, bukit, kabut dan langit yang biru berpadu harmonis dan menghipnosis. Jangan ragu untuk berhenti di pinggir jalan menikmati suasana dam memotret danau ini. Siap dengan jaket, karena udaranya dingin apalagi saat kabut datang.

Perjalanan berlanjut ke Danau di Atas yang secantik Danau di Bawah. Danau di Atas berfasilitas tempat makan atau menginap. Sedang Danau di Bawah masih alami. Danau di Atas pemandangan dan suasananya menyenangkan. Anda bisa menyewa perahu mengitari danaunya. Selain itu, makan siang di pinggir danaunya juga akan menjadi pengalaman yang istimewa.

Tiga danau ini yang wajib dikunjungi kalau jalan-jalan ke Sumatera Barat. Keindahan danaunya membuat terpesona dan jatuh cinta. (http://travel.detik.com/read/2012/09/27/100435/2039275/1383/ini-dia-3-danau-paling-cantik-di-sumbar)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close