Wisata dan Kuliner

Pesona PLBN Motamasin Melalui Konser Musik Malaka-2019

(m.merdeka.com)- Pos Lintas Batan Negara (PLBN) Motamasin jadi destinasi wisata man made terbaik. Spot instagramable ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap hari. Dengan keindahannya, Motamasin wajib dikunjungi saat Konser Musik Perbatasan Malaka dan Kefamenanu (KMP-MK) 2019 nanti.

 

KMP-MK 2019 digelar 24-25/4/2019. Venuenya di Lapangan Paroki Kamanasa (MISI), Betun, Malaka, NTT. Konser musik ini menampilkan juara The Voice Portugal 2018 Maria Vitoria asal Timor Leste (Tiles). Juga Penyanyi Indonesia Bondan Prakoso. Menambah warna event, Orkes Suling Bambu dan 3 tarian tradisional khas Tanah Timor akan disajikan.

 

Untuk mencapai venue KMP-MK, pengunjung dari Tiles bisa akses melalui PLBN Motamasin. Saat melintas di PLBN, sempatkan berfoto sembari menikmati view eksotisnya. Sebab, PLBN Motamasin ini terkenal sebagai destinasi terbaik di crossborder Tanah Timor. Tiap hari, PLBN rata2 dikunjungi 200 wisatawan setiap harinya dari wilayah2 di perbatasan.

 

PLBN Motamasin ini destinasi potensial. Gedungnya megah berarsitektur khas Tanah Timor. Alamnya juga eksotis. Di sini jadi spot foto favorit. Jadi saat menikmati KMP-MK 2019, PLBN Motamasin jangan terlewatkan diabadikan dalam moment, ungkap Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani (27/3).

 

PLBN Motamasin ini resmi beroperasi 9/1/17. Peresmiannya oleh Presiden. Ceremony-nya digabung peresmian Bendungan Raknamo dan PLBN Wini. Menjadi destinasi favorit, wisatawan diijinkan masuk areal PLBN Motamasin pukul 11.00-12.00 WITA juga jam 16.00-18.00 WITA. Tiap hari Minggu free dibuka dari pagi sampai pukul 18.00 WITA.

 

Wisatawan bisa pilih waktu terbaik reguler, meski di hari Minggu leluasa. Tapi, kalau di wilayah sekitar PLBN Motamasin itu bebas. Yang jelas, selama di area PLBN Motamasin harus taati tata tertib yang berlaku, terang Ricky lagi.

 

Jadi destinasi potensial Tanah Timor, PLBN Motamasin didukung arsitektur unik. Bangunannya pun mengadopsi arsitektur Rumah Adat Belu dan Rumah Adat Mabur. Nuansa makin eksotis dengan background pantai pada sisi lain. Wisatawan bisa menikmati sunset dan bisa memilih spot foto terbaik mulai tulisan MOTAMASIN INDONESIA dan Tugu Garuda.

 

Ada spot menarik lain berupa Gerbang Utama PLBN Motamasin. Pastikan jembatan pembatas 2 negara, Indonesia-Tiles, jadi destinasi berfoto. Sebab, di sini terdapat titik utama batas negara ke-2 negara. Jembatan ini terbagi 2 yang ditandai warna berbeda. Pada wilayah Indonesia diberi warna putih, lalu kuning untuk wilayah Tiles. Pada ke-2 ujung jembatan dilengkapi gerbang.

 

Masuk ke PLBN Motamasin ini gratis. Selain aturan, perhatikan kebersihannya. Jangan buang sampah sembarangan. Sebab, PLBN Motamasin ini bersih dan rapi. Bila mengerti, silahkan eksplorasi spot2 terbaik di PLBN Motamasin ini dari kamera masing2. Kalau dapat konten terbaik, segera unggah melalui medsos masing2 agar publik tahu, kata Ricky.

 

Secara fisik, PLBN Motamasin memiliki bangunan utama 2.114 M2. Untuk bangunan kedatangan dan keberangkatan masing2 luasnya 428,9 M2. Bangunan kantornya 413,8 M2. Kawasan ini ditopang lahan dengan luasan 11,29 Ha. Menpar Arief Yahya menjelaskan, PLBN Motamasin instagramable dan jadi spot foto terbaik.

 

Sembari menikmati KMP-MK 2019, silahkan ke PLBN Motamasin. Wisatawan bisa berfoto sepuasnya. Sebab, PLBN Motamasin ini didesain juga sebagai destinasi. Harapannya, aktivitas wisatawan bisa mendatangkan manfaat ekonomi langsung bagi masyarakat, tutup Menpar. (mdk/paw; Anwar Khumaini; Bahan dari : https://m.merdeka.com/gaya/menikmati-pesona-plbn-motamasin-melalui-konser-musik-malaka-2019.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close