Iptek dan Lingk. Hidup

Samudera di Planet

Dream-Para pakar antariksa menemukan planet yang punya samudera. Mereka menganggap temuan ini sebagai sebuah keajaiban. Sebab pada saat mereka mengarahkan tiga teleskop antariksa Hubble, Spitzer, dan teleskop Kepler ke arah planet itu, udara di planet itu sedang bersih tanpa awan.

 

Para peneliti dari University of Maryland, AS itu bisa mengeksplore planet yang diberi nama kode HAT P-11b itu habis-habisan untuk meyakinkan temuan mereka tanpa terhalang awan. Hasilnya atmosfer di planet tersebut mengandung 90 persen hidrogen.

 

Selain itu juga ditemukan kandungan uap air dalam jumlah yang cukup signifikan, sehingga mereka meyakini planet tersebut mempunyai air dalam jumlah besar, bahkan dalam bentuk samudera. Temuan ini dipublikasikan dalam Jurnal Nature, pekan lalu.

 

Planet tersebut terlihat mengelilingi sebuah matahari di gugusan galaksi Cygnus. Jaraknya 124 tahun cahaya dari bumi, sebagai rumah kita. Dalam pengukuran ditemukan fakta bahwa planet ini besarnya sekitar empat kali lipat dari bumi.

 

Ahli astronomi dunia, Dr Eliza Kempton dari Grinnell College, Iowa, menyebut temuan tersebut sebagai langkah penting bagi ilmu perbintangan. Memang sangat memungkinkan ada organisme yang bisa hidup disana. Apakah memungkinkan manusia pindah ke planet ini ?

 

“Kita berharap bisa menemukan planet serupa yang seukuran bumi,” kata Kempton. Ukuran planet yang jauh lebih besar daripada bumi tersebut membuat gravitasinya akan sangat tinggi dan tak mungkin bisa ditoleransi tubuh manusia. Selain itu, jarak planet tersebut dengan mataharinya, lebih dekat daripada jarak bumi ke matahari.

 

Jadi bisa dibayangkan suhunya akan terlalu panas bagi manusia. Hingga kini para peneliti masih memburu planet berair yang seukuran bumi dan berjarak ‘cukup’ dengan bintang terdekat sebagai mataharinya. (Subroto Yang; http://www.dream.co.id/news/ditemukan-samudera-di-planet-ini-141014q.html)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close